Modus Penipuan “Mama Minta Pulsa” Masih Saja Memakan Korban

Pewarta : Iwan Brata Darma

Koran SINAR PAGI, Muara Enim,- Kendati sudah cukup usang, namun modus penipuan “Mama Minta Pulsa” hingga saat ini masih saja berhasil memakan korban dengan nilai kerugian yang dialami korban cukup lumayan mulai dari ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah.

Seperti yang yang dialami Indah Lestari Dewi (25) salah satu warga Baturaja Timur, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Minggu (07/01/18) kemarin, yang mengalami kerugian hingga Rp.1.535.000,- akibat modus penipuan tersebut.

Kejadian berawal saat dirinya dihubungi seseorang lewat telepon selular dengan No 081269773788, yang mengatasnamakan orangtuanya, mengabarkan dompetnya yang hilang telah ditemukan di sebuah pom bensin si daerah Baturaja.

Dengan dalih petugas satpam tidak mau diberi uang dan hanya minta dikirimi pulsa, si peneleponpun minta agar Indah mengirimkan pulsa ke no tertentu yang dikirimkan pelaku penipuan.

Tanpa curiga korbanpun lalu mengirimkan pulsa secara bertahap hingga mencapai nilai Rp.1.535.000,-, beruntung korban segera sadar bahwa dirinya tengah menjadi korban penipuan, sehingga kerugian yang dideritanya tidak semakin besar.

“Saya seperti dihipnotis, ketika dia minta pulsa tanpa pikir panjang saya kirimi,” ucapnya penuh sesal.

Mengingat kejadian seperti ini terus memakan korban, masyarakat dihimbau untuk lebih waspada, jangan mudah percaya ketika mendapat sebuah kabar mengejutkan dari orang tak dikenal lewat telepon selular, siapa tahu anda sedang dalam pengaruh seorang penipu.

(38)