Ketua Baznas,”Penyandang Disabilitas Harus Dapat Berwirausaha”

Pewarta : Fitri Nuraeni

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Garut,- Sesuai Lima program Badan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut yaitu, Garut Cerdas, Garut Sehat, Garut Takwa, Garut Peduli dan Garut Makmur, yang diperuntukan bagi orang – orang yang sifatnya fakir miskin, juga disabilitas.

Ketua Baznas Garut Rd.Aas Kosasih,S.Ag.,M.Si menuturkan, jelas harus ada keterpihakan karena secara fisik yang disabilitas ini memiliki kekurangan tetapi tetap memiliki semangat yang tinggi.

“Insyaallah Kedepannya tahun 2018 dengan adanya deklarasi ini mungkin sudah mempersiapkan betul – betul penuntasan kemiskinan di kabupaten garut, oleh karena itu kedepannya baik penyandang disabilitas itu anak – anak sekolah atau yang tidak sehat ataupun rumahnya yang kumuh,” tegas Aas kepada wartawan, Kamis (21/12).

Menurutnya, ia ingin penyandang desabilitas ini dapat berwirausaha, dan nantinya akan disediakan dana untuk pembangunan perekonomian yang sifatnya kerakyatan.

Dana tersebut akan berbentuk dasus stimulasi atau bahkan, sesuai dengan peraturan Baznas untuk bantuan perorangan untuk orang yang berhak menerima ini antara 250 ribu atau sampai 2,5 juta interpal dan akan digunakan untuk usaha apa saja.

Tak hanya itu, dana tersebut akan disediakan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan dana tersebut bisa menjadi motivasi. Modal ini diperuntukan untuk yang menginginkan modal dan tak usah dikembalikan lagi ke Baznas.

Untuk kedepannya, pihaknya akan ada zakat dari ASN yang diperkirakan dari dana yang terkumpul bisa mencapai sekitar Rp.50 M, pungkasnya.

(11)