Dinkes Ciamis Gelar Bintek Pelaksanaan Program P2PTM

Pewarta : A Yaya Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Bimbingan teknis yang diselenggarakan Puskesmas Cigayam di Aula Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis dihadiri para Kepala Bidang, Kepala Seksi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam Team PTM, dengan menghadirkan narasumber Dr.Yoyo, Babinsa, Babinmas, Kader Posyandu dan para kepala dusun dan kepala desa Se Kecamatan Banjaranyar.

Diselenggarakanya Bintek tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada semua kader untuk lebih mengenal Posbindu PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) melalui monitoring dan deteksi dini faktor resiko bersama PTM secara rutin dan periodik, konseling faktor resiko PTM tentang diet aktifitas fisik, merokok, stres dan lain – lain.

Kegiatan lainnya adalah penyuluhan / dialog interaktif sesuai masalah terbanyak Aktifitas fisik bersama seperti olahraga bersama, kerjabakti dan rujukan kasus faktor resiko sesuai kreteria klinis.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM, dengan sasaran kelompok masyarakat sehat, berisiko dalam menyandang PTM yang berusia 15 tahun keatas (juknis Posbindu PTM 2012 kemenkes).

Tujuan lainnya untuk membudayakan gaya hidup sehat dengan berperilaku CERDIK (C = cek kondisi kesehatan secara rutin, E = enyahlah asap rokok, R = Rajin aktifitas fisik, D = Diet yang sehat dengan kalori seimbang, I = istirahat yang cukup, K = Kelola stres.

Dalam acara tersebut Kepala Puskesmas Cigayam Hamlan yang ditemui Koran Sinar Pagi berharap masyarakat tahu dan mengenal apa itu PTM dan akhirnya mau melaksanakan deteksi dini terhadap faktor PTM dengan diberi materi pelatihan, praktek dan 3 bulan kemudian diadakan monev yang akan dievaluasi oleh bidan desa dan diberikan sertifikat tanda telah mengikuti pelatihan ini, ujarnya.

(17)