Ratusan RTSM di Kecamatan Wanaraja Garut Sumringah Terima Bantuan PKH

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI. Kabupaten Garut,- PKH adalah salah satu program prioritas nasional yang dijadikan centre of exellence oleh Kementerian Sosial dalam menanggulangi kemiskinan secara kontinyu, dan salah satu penerimanya adalah warga miskin di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut yang tampak begitu sumringah saat menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut.

Dari pantauan Koran SINAR PAGI, warga penerima manfaat tampak dengan tertib antre di salah satu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah Kecamatan Wanaraja. Setiap keluarga menerima bantuan sebesar Rp.390 ribu.

Pendamping PKH Kecamatan Wanaraja, Acep Dani Hamdani

Pendamping PKH Kecamatan Wanaraja, Acep Dani Hamdani menyebut, PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Bagi anggota keluarga Rumah Tangga Sasaran (RTS) lanjut Acep, diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

PKH dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM. Sementara dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, dengan begitu, generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

“Saat ini pencairan tahap ke-4. Jumlah penerima bantuan sebanyak 695 keluarga yang tersebar di 9 Desa. Alhamdulillah, berjalan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada aparat keamanan, KNPI PK Wanaraja, Karang Taruna, OKP, Ormas PP, Komunitas XTC yang telah membantu kelancaran proses pencairan PKH,” pungkas Acep.

(86)