POTENSI SINGKONG JADI PRIMADONA DI CIBUGEL

Pewarta : Jeky E Saepudin
Koran SINAR PAGI, Sumedang

Petani Singkong Desa Cibugel, Kabupaten Sumedang
Nana Mahrudin, Ketua Gapoktan Kecamatan Cibugel, didampingi Aceng Supriadi dan salah satu warga Desa Cibugel, Kabupaten Sumedang

Wilayah Kecamatan Cibugel merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sumedang yang berbatasan dengan Kabupaten Garut ini ternyata mempunyai potensi besar sebagai penghasil Ubi Singkong.

Bahkan menurut informasi dari masyarakat, Cibugel merupakan penghasil singkong terbesar di wiilayah Sumedang, penilaian warga itu didasari dari adanya 4 pabrik aci ubi singkong yang berada di wilayah Cibugel yang berskala cukup besar.

Salah satu warga Dusun Sirnarasa Deda Cibugel, Aceng Supriadi (45) dari Dusun Sirnarasa Desa Cibugel, di daerahnya terdapat 2500 ha lahan yang tiap tahunya ditanami singkong.

“Sekitar 2500 hektar lahan di Kecamatan Cibugel pasti ditanami singkong”, ujar Aceng.

Hal iru dikuatkan oleh Nana Mahrudin (49) warga Dusun Cibugel yang jadi ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Kecamatan Cibugel,”Memang ada lahan seluas 2500 hektar yang ditanami singkong untuk memenuhi prodiuksi 4 pabrik aci yang ada di Cibugel”, terang Nana Mahrudin dirumahnya.

Untuk terpeliharanya kehidupan petani singkong, Nana berharap ada perhatian serius dari Pemkab.Sumedang untuk bisa menjaga stabilitas harga singkong agar tidak anjlok seperti yang terjadi sekarang ini.

“Harga singkong tahun kemarin pernah diharga Rp.80 rb per kuintal tetapi sekarang anjlok di harga Rp.40 rb per kuintal”, ujar Nana lagi seraya berharap Pemkab segera turun tangan menangani hal tersebut.

(101)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *