Melalui Realisasi Dana Desa, Kepala Desa Dituntut Sejahterakan Warganya

Pewarta : Asmidan
Koran SINAR PAGI, OKU Selatan

Kepala Desa dan aparaturnya dituntut serius membangun desa, demi kesejahteraan masyarakat desanya sesuai Anggaran Dana Desa yang telah ditetapkan, kata Haris Munandar Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Masyarakat Desa (PPMD) OKU Selatan.

Kepala desa selaku pelaksana pemerintah di desa yang dibantu oleh aparat desa dalam menjalankan pemerintahannya agar selalu memberikan perhatian dan dorongan kepada pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bidang, tambahnya.

Undang – undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, lanjut Haris mengamanatkan pemberian otonomi luas kepada desa di daerah guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.” katanya, Rabu (26/07)

Haris berharap, para kepala desa dan aparatur desanya dapat terus berkoordinasi dengan instansi Pemkab OKU Selatan, yang memiliki kegiatan langsung dalam memajukan desa dan masyarakatnya, dengan begitu, program yang telah disusun dapat selaras dengan desa.

“Koordinasi dengan instansi terkait yang memiliki kegiatan langsung kepada desa supaya senantiasa dilakukan, agar program yang telah ditetapkan dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.

Terkait dengan Dana Desa, Ia mengatakan, pemerintah pusat tidak serta merta menerapkan kebijakan kepada desa tanpa mengkaji dan meneliti Sumber Daya Manusia (SDM), potensi yang dimiliki oleh desa, maupun keuangan dan kelayakan program yang akan diterapkan.

“Langkah yang telah dilakukan sebelum penerapan kebijakan tersebut adalah penyiapan SDM melalu pelaksanaan berbagai sosialisasi, pembekalan, pelatihan, dan orientasi kepada aparat desa, sehingga kebijakan/program yang akan dterapkan dapat berhasil seperti yang diharapkan,” Pungkasnya.

(19)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *