2016 PAD Muratara Surplus 115,74 Persen

Pewarta : Jhuan S

Muratara

Koran SINAR PAGI, Muratara,– Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan untuk tahun 2016 meningkat dari target yang ditetapkan.

Hal itu dijelaskan Kepala Badan Keuangan Daerah wilayah itu, H. Duman Fachsal, Selasa (31/01/2017) lalu.

Diterangkannya, tahun 2016 PAD didaerah itu surplus dan dikatakan over target mencapai 115,74 persen. Dimana target yang ditentukan Rp. 29,25 Miliar mampu direalisasikan hingga mencapai Rp. 33,9 Miliar.

Sementara untuk target tahun 2016 dirinya merasa optimis akan mampu mencapainya.

“Di tahun ini, kita menargetkan PAD mencapai Rp 34,1 Millyar. Kita sangat optimis tercapai,” katanya.

Dijelaskannya, untuk pendapatan secara keseluruhan hanya mencapai 95,8 persen, sedangkan dana perimbangan mencapai 95,84 persen. Kemudian, pendapatan daerah yang sah terealisasi mencapai 90,78 persen.

‎”Untuk dana bagi hasil, memang tidak tercapai dan hanya terserap 83,22 persen dari pusat. Selain itu, dana bagi hasil dari provinsi tidak disalurkan oleh pihak provinsi, karena ada pemangkasan anggaran oleh pusat,” jelasnya.

Ia menambahkan, upaya yang dilakukan oleh pihaknya, sehingga mencapai target di tahun ini, yakni menggali potensi yang belum maksimal, seperti pada pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB), pajak setoran, galian C dan jenis penerimaan yang lain.

“Seiring berjalannya waktu dan dampak dari pembangunan yang telah terlihat, sepertinya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak meningkat pula.‎ Seluruh perusahaan yang beroperasi di Muratara pun, diharapkan dapat juga kedepan meningkatkan CSR dan kontribusi terhadap pembangunan daerah,” urainya.

(57)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *