Cargo Siap Bantu Polisi Lacak Narkoba

Pewarta : Avenk
Koran SINAR PAGI, Sukabumi

Kian maraknya peredaran narkoba di wilayah Sukabumi yang sudah dalam kondisi sangat mengkhawatirkan, menuntut berbagai pihak untuk turut peduli dalam penanggulangan dan pemberantasannya.

Berbagai carapun sudah dilakukan aparat Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional untuk meredam peredaran narkoba ini, mulai dari mempergunakan alat pendeteksi canggih hingga memanfaatkan bantuan anjing pelacak.

AKP Adang Rustaman Kanit Lantas Polres Sukabumi yang memiliki seekor anjing pelacak yang diberi nama Cargo dari jenis Golden Champion pun tergerak untuk menggunakan kemampuan anjing miliknya tersebut guna membantu tugas kepolisian dalam melacak peredaran narkoba.

“Sebenarnya anjing ini milik pribadi, tapi karena melihat kemampuannya dalam mengenali narkoba jenis sabu, tidak ada salahnya diperbantukan di Kepolisian,” katanya.

Menurut Adang, anjing jenis ini sudah banyak digunakan berbagai negara sebagai anjing pelacak, namun karena sifatnya yang sensitif, untuk menjadikannya sebagai anjing pelacak yang bagus butuh ketelatenan dan waktu yang cukup lama,”Butuh ketelatenan dan kesabaran serta waktu yang cukup lama dalam melatih anjing jenis Golden Champion, karena sifatnya yang sensitif,” katanya.

Ia berharap, Cargo dapat bekerja dengan baik sesuai dengan kampuannya,”Walaupun baru dapat mengenali narkoba jenis sabu – sabu, tapi saya berharap dengan kemampuan Cargo sedikitnya dapat membantu tugas Polisi,” pungkasnya.

(28)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *