Waduh….. Belum Setahun Dibangun Jalan Kabupaten Sudah Ambrol Lagi ?

Pewarta : Budi
Koran SINAR PAGI, Pangandaran

Pembangunan jalan di Kabupaten Pangandaran yang dibiayai oleh APBD Tahun Anggaran 2015 kemarin, belum genap satu tahun ternyata sudah banyak yang rusak.

Hasil pemantauan Koran Sinar Pagi, hampir diseluruh wilayah jalan kabupaten kondisinya mulai memprihatinkan terlebih saat musim penghujan seperti saat ini.

Kerusakan tidak hanya berupa bolong kecil menganga tapi ambrol hingga membentuk kubangan air saat hujan turun, bahan dasarnya pun berserakan, sehingga akan membahayakan bagi pemakai jalan.

Seperti diutarakan Asep (45) penduduk Desa Parakan Manggu yang setiap hari melalui jalan Kabupaten hampir sejauh 10 Km untuk pergi bekerja,”Seingat saya jalan yang tiap hari dilalui ini dibangun tahun kemarin dan rasanya belum genap satu tahun, tapi kok sudah pada rusak ya”, ujarnya.

Menurutnya lagi, dengan adanya bolong disana – sini hingga menjadi kubangan air yang tak diketahui kedalamanya sering mengakibatkan kecelakaan baik yang ringan hingga berat, terlebih pada malam hari, ungkapnya.

“Saya berharap semoga pemerintah segera memperbaikinya sebelum kerusakan tambah parah, juga kami mohon para pemborong yang hasil pekerjaanya seperti ini jangan dipakai lagi, percuma cuma menghamburkan uang rakyat saja”, imbuhnya.

Kembali Pengamat Pembangunan Jalan dan Jembatan Dani Hamdani,ST menjelaskan, meskipun banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kerusakan sebuah jalan, namun bila saat pembuatanya dilakukan dengan benar sesuai ketentuan dan perhitungan yang cermat, niscaya akan bertahan lama, katanya.

Ditambahkan Dani, yang paling penting sistem pengawasan saat pengerjaan harus ditingkatkan dan lebih profesional lagi, pasalnya baik buruk serta layak tidaknya suatu pekerjaan ditentukan oleh pengawas proyek dari dinas terkait, pungkasnya.

(6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *