Dairi Kawasan Pertanian Terpadu Di Sumut

  • Whatsapp
banner 768x98

Ket. Photo :  Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Kadis Pertanian saat meninjau lahan terpadu Di Desa Parbuluan. (photo /ist /am)

Pewarta :Amsar Marbun. 

Koran SINAR PAGI, Dairi,- Kabupaten Dairi Sumatera Utara yang terletak didataran tinggi di jadikan menjadi kawasan Pertanian Terpadu (KPT) oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menggali potensi lahan tidur guna meningkatkan kesejahtreaan Petani di daerah  ini.

Kecamatan Parbuluan saat ini menjadi kawasan pertanian terpadu (KPT)  tepat nya di Desa Parbuluan V Kecamatan Parbuluan, dibuka, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi terus melakukan pendampingan kepada para petani. Petugas PPL yang menjadi ujung tombak.

Setelah penanaman hingga panen nantinya, petugas PPL tugaskan untuk terus menjaga. Juga kami minta untuk selalu membuat laporan perkembangan tanaman dan penyakitnya” kata Robot Simanullang Kadis Pertanian Dairi saat mendampingi Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu menjadi KPT di Desa Parbuluan V, Jumat Baru lalu (18/11/22)

Dukungan yang diberikan pemerintah terhadap para petani, seperti bibit, pupuk dan mulsa dari pemerintah.

Diharapkan kedepan setelah panen, petani akan memakai modal sendiri melalui pinjaman KUR dari perbankan yang bunganya kecil,” terangnya

Sebelumnya Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa kehadiran dirinya bersama para OPD untuk melihat persiapan KPT yang akan dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada, Senin mendatang (21/11/22).

Disebutkannya, persiapan yang dilakukan, karena sekarang ini musim penghujan. Sehingga persiapan lahan pertanian dan infrastruktur sedikit terhambat dibuatnya.

“Seyogyanya pencanangannya dilakukan pada Selasa (22/11/2022), tetapi Gubsu minta dimajukan harinya.

Permintaan Gubsu lahan pertanian yang dicanangkan seluas 22 hektar harus sudah ready (siap) seluruhnya. Harap bupati.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90