Sedikitnya 150 Bakal Calon Kades di Ogan Ilir Akan di Seleksi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Heri Kusnadi

Kabupaten Ogan Ilir – Sebanyak 150 Bacalon (Bakal Calon) Kepala Desa dari desa yang menyelenggara Pilkades Serentak 2022 dengan diikuti oleh lebih dari 5 lima orang peserta, akan diadakan seleksi melalui tes tambahan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir bekerjasama dengan Balitek Unsri,

Menurut Kepala Dinas PMD Kabupaten Ogan Ilir, Akh.Lutfhi, Tahapan Pendaftaran Pilkades dilaksanakan selama 30 hari, pembukaan sesuai tahapan, kemudain tahap pertama 13 hari, termasuk cek berkas, sedangkan tahapan kedua selama 10 hari dan tahapan ketiga 7 hari.

“Hari ini sudah masuk tahapan pertama dari 13 Juni sampai dengan 23 Juni, itu masa pengumuman dan pendaftaran hingga tanggal 23 ditutup, membuka dan menutupnya pun pakai berita acara,” ujarnya.

Dikatakan, setiap peserta saat mendaftar harus melengkapi berkas, “Ketika ada kekurangan berkas dari Bakal Calon ada jeda 3 (tiga) hari, jadi panitia bersurat kepada Balon untuk melengkapi kekurangan dimaksud, paling lambat tiga hari, bila tidak dipenuhi, maka Balon tersebut dinyatakan gugur,” terangnya.

Bagi Desa yang Balonnya lebih dari 2 (dua) orang, lanjutnya, tahapan pendaftaran tutup, tetapi kalau ada Desa yang pendaftaran di hari pertama tidak cukup dari dua itu bisa dibuka tahap kedua.

“Bila sampai tahap kedua masih bakal calon tidak cukup dua itu dibuka lagi ke tahap ketiga, sampai tiga kali dibuka masih Balon tidak cukup dua Pemilihan Kepala Desa ditunda sampai tahapan berikutnya mungkin ikut Pilkades selanjutnya di tahun 2025 barang kali,” kata dia.

Disebutkan, tahapan pertama yang pesertanya lebih dari lima orang ada sekitar 150 Bacalon Kepala Desa, selanjutnya akan direkap dan akan di sampaikan kepada balitek Unsri untuk dilaksanakan Tes oleh Pemerintah Ogan Ilir bekerja sama dengan Balitek Unsri.

Ditegaskan, dalam hal ini tidak ada unsur keterlibatan dari Pemerintah Ogan Ilir

“Jadi semata – mata pak bupati menghendaki ini independen, karena kita mepilteri yang lebih dari lima itu ingin mencari calon- calon pemimpin yang profesional yang berkualitas dan pengumuman direncanakan oleh Balitek Unsri pada saat itu juga bukan diumumkan di lain hari,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90