SMAN 16 Bandung Bersama Mimpi Pemimpin

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh Dra. Eha Julaeha, MPd.
Kepala SMAN 16 Bandung

SMAN 16 Bandung walau berada dikawasan padat penduduk bukan berarti sulit untuk bergerak maju. Sekolah harus menjadi bagian yang solutif terhadap persoalan kehidupan manusia. Berada di antara masyarakat menengah ke bawah bukan berarti terus berada di bawah standar pendidikan.

Justru harus menjadikan pusat perhatian dan berupaya bagaimana meningkatkan mutu dan kapasitasnya sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, karena masyarakat berharap banyak akan hadirnya SMAN 16 di tengah mereka.

SMAN 16 Bandung harus berani menentukan arah masa depan anak bangsa melalui proses pendidikan dengan berbagai kegiatan penyelenggaraan pendidikan bermutu di sekolahnya.
Sekolah harus memiliki tekad untuk maju mensejajarkan diri dengan sekolah lain di Kota Bandung.

Kepercayaan diri dibangun dengan semangat dan etos kerja yang tinggi. Pembentukan TPMPS yang merupan bagian dari sistem penjaminan mutu harus berperan aktif dan strategis. Pembenahan sistem manajemen sangat diperlukan untuk mencapai tujuan sekolah bermutu serta melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dan komitmen dengan diikuti dedikasi tinggi yang menunjukkan profesionalisme.

Membangun SDM unggul dalam segala bidang tidaklah mudah, diperlukan ketekunan dan kesabaran serta pendekatan humanisme dengan kasih sayang dan penghargaan serta pengakuan kinerja mereka.

Membangun SDM unggul harus dibarengi juga dengan program-program terbaiknya. Mulai dari penataan sistem manajemen, penataan sarana prasarana, meningkatkan kenyamanan dan keamanan lingkungan serta, program peningkatan kompetensi baik guru, karyawan TU, yang semuanya berorientasi pada mutu layanan prima pada peserta didik melalui program IHT, Workshop, FGD, Seminar dll.

Demikian halnya dengan pengembangan kurikulumnya yang didesain untuk kebutuhan, bakat dan minat serta potensi yang dimiliki peserta didik.

SMAN 16 Kota Bandung telah menetapkan Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi yang akan diterapkan pada tahun ajaran baru yakni tahun 2022-2023 pada kelas X, dan untuk kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum 2013 yang disempurnakan dengan beberapa perubahan pada proses pembelajaran dengan project dan collaborative learningnya, serta penyempurnaan pada pembelajaran yang inovative dan creative.

Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi yang akan diterapkan di SMAN 16 Kota Bandung dengan orientasi pada layanan individual peserta didik yang memiliki kompetensi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan untuk peserta didik yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi juga harus dapat memberikan manfaat untuk kehidupan mereka selepas lulus dari SMA.

Jangan sampai anak merasakan bahwa pendidikan yang mereka ikuti tidak ada manfaatnya bagi masa depan mereka dan merasa sia-sia dengan telah bersrkolah selama 12 tahun, untuk itu SMAN 16 Kota Bandung berusaha memberikan solusi terbaik bagi mereka, melalui program pendidikan keterampilan atau vokasional agar mereka bisa memenuhi kehidupannya.

Sejatinya pendidikan mampu menjadi bagian untuk dapat mensejahterakan manusia.

SMAN 16 Kota Bandung mencoba untuk memberikan layanan dan solusi terbaik bagi masa depan mereka dengan pembelajaran yang bermakna, dimana layanan pendidikan dilakukan dengan memberikan seluas-luasnya bagi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar yang terbaik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Untuk mengimplementasikan kurikulum ini tentu saja dilakukan melalui kajian-kajian yang serius, dimulai dengan perencanaan yang matang agar persiapan implementasi ini sesuai dengan harapan. Grand design, blue print, serta road map telah dibuatkan agar pada tahan implementasi jelas dan terarah.

Membuat rancangan jadwal pelaksanaan kegiatan serta tidak lupa melakukan proses monitoring dan evaluasi hasil yang kemudian dikaji untuk mendapatkan rekomendasi pada program kegiatan selanjutnya. Dengan siklus tersebut yakin bahwa penyelenggaraan pendidikan di SMAN 16 Kota Bandung dapat berjalan dengan hasil yang lebih baik. Aamiin

Dalam upaya melaksanakan tugas mulia ini tentu saja harus disertai dengan kepemimpinan yang mumpuni yang
menguasai sistem manajemen berbasis sekolah dan mutu serta memiliki keterampilan dalam pengembangan kurikulum dan memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu menggerakan, memotivasi dan menginspirasi serta mengayomi dan membimbing pendidik dan juga serta tenaga kependidikan untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta didiknya.

Memperhatikan kesejahteraan mereka adalah bagian dari proses pendekatan mutu dengan kinerja yang optimal.

Mimpi seorang pemimpin yang visioner diharapkan mampu mewujudkan cita-cita bangsa untuk memperbaiki masa depan bangsa yang gemilang menjadikan Indonesia Maju.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90