Selain Mengakomodir PSN RTRWP Jabar Harus Menjadi Penjaga Keseimbangan Lingkungan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Dwi

Koran SINAR PAGI,Kabupaten Karawang,- Provinsi Jawa Barat saat ini memiliki banyak Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti pembangunan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Hadirnya Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) selain digunakan sebagai rujukan kabupaten/kota juga diharapkan dapat mengakomodir PSN serta dapat menjaga keseimbangan lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pansus VI DPRD Provinsi Jawa Barat Hasbullah Rahmad usai memimpin kunjungan kerja Pansus VI di Kantor Pemerintah Kabupaten Karawang, Selasa (11/1/2022).

“Kita harap juga KCIC cepat selesai jangan sampai molor lama lagi. Karena KCIC akan membuat daerah baru, dan itu bisa menjadi tambahan untuk PAD Jawa Barat dan  kita harus bangun infrastruktur yang dapat menyambunhkan ke daerah baru tersebut agar dapat terkoneksi langsung dengan daerah tersebut”ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama pihaknya juga menggali lebih lanjut informasi-informasi terkait upaya pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat mengupayakan ruang terbuka hijau sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Setelah kita turun ke lapangan LP2Bnya persis sama dengan data yang ada di Jawa Barat dan Kementrian. Selain itu pansus ini juga bertujuan agar sawah teknis mendapat subsidi dan keberadaannya harus dipertahankan”katanya.

Selain itu Hasbullah menambahkan, hal lain yang menjadi pembahasan dalam kesempatan tersebut ialah mengenai kerjasama pemerintah dalam penanganan banjir.

Pihaknya mengajakan kepada pemerintah daerah khususnya yang berada di daerah perbatan untuk bersama-sama turun tangan menyelesaikan persoalan banjir.

“Untuk penanggulangan banjir kita akan kerjsama, dengan beberapa kota atau daerah yang ada di perbatasan agar banjir ini bisa ditanggulangi”ujarnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90