Kecamatan Lubai Ulu Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Hari ini Jum’at tepatnya pada 22 Oktober 2021, seluruh Santri di Indonesia, termasuk santri di Kecamatan Lubai Ulu, Kab.Muara Enim, merayakan Hari Santri Nasional.

Peringatan Hari Santri Nasional di Indonesia sudah dilakukan sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional.

Adapun pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai perayaan Hari Santri Nasional didasarkan pada tanggal ketika K.H.Hasyim Asy’ari menyerukan ajakan jihad, yang kemudian disebut sebagai Resolusi Jihad, untuk melawan tentara sekutu pada 22 Oktober 1945.

Hari Santri Nasional tidak merujuk kepada kelompok tertentu saja. Hari Santri Nasional merupakan perayaan bagi semua orang yang mengalir aliran darah merah putih dan napasnya menyerukan La ilaha illallah. Hal tersebut tidak terlepas dari konteks penyeruan Resolusi Jihad oleh K.H. Hasyim Asy’ari yang merupakan ajakan untuk berjuang demi bangsa dan negara.

Pada waktu itu, kedatangan tentara sekutu yang ingin menjajah Indonesia lagi setelah kemerdekaan membuat beberapa pihak berunding untuk mengambil sikap. pengurus Nahdlatul Ulama merupakan salah satu kelompok yang mengadakan perundingan untuk menetapkan sikapnya terhadap serangan sekutu. Perundingan yang digelar pada 21-22 Oktober 1945 itu pun menghasilkan keputusan untuk menyerukan Resolusi Jihad.

Resolusi Jihad berisi ajakan dan pernyataan bahwa berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa hukumnya fardhu’ Ain (Wajib bagi semua orang). Seruan tersebut pun membuat para kaum santri turun ke jalan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada periode Revolusi Fisik 1945-1949, banyak santri yang kemudian berjihad melawan tentara sekutu dan penjajah yang kembali menginjakkan kakinya di Indonesia.

Semangat dari Resolusi Jihad tersebut diteruskan hingga kini. Melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, peringatan Hari Santri Nasional menjadi upaya untuk merawat ingatan dan semangat dari Revolusi melalui peringatan Hari Santri Nasional pula peran santri akan terus diingat.

Selama periode memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, santri telah mengambil porsi perjuangan yang besar.

Hadir dalam Upacara hari Santri yang dilaksanakan di Kec.Lubai Ulu, anatara lain, Camat Lubai Ulu, Wien Wierma Putra,S,STP.,M.SI, Danramil 08/Rambang Lubai, Kapten Inf Sugiyanto, Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Jonidi,SH, tokoh agama, dan pimpinan Pondok Pesantren di Kecamatan Lubai Ulu.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90