Tingkatkan SDM Masyarakat, Bupati Sukabumi Serahkan 150 Beasiswa

Pewarta : Arief

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi – Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami menyerahkan beasiswa kepada 150 orang calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas Nusa Putra. Prosesi penyerahan dilaksanakan di Auditorium Universitas Nusa Putra, Kamis (8/4/2021).

Para peraih beasiswa ini, merupakan orang terbaik berdasarkan hasil seleksi dari 1.437 pendaftar se Kabupaten Sukabumi.

H.Marwan mengatakan, program beasiswa ini diberikan untuk mempersiapkan generasi muda di Kabupaten Sukabumi, khsususnya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Bersyukur, Pemda bisa menjalin kerja sama dengan Universitas Nusa Putra untuk mendidik anak – anak terbaik di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Menurutnya, generasi muda berpotensi memberikan ruang penyelesaian masalah, terlebih dalam menghadapi bonus demografi.

“Lewat program ini, berbagai potensi yang domiliki bisa tergali secara baik. Penerima beasiswa ini harus menjadi motivator bagi generasi dibawahnya,” ucapnya.

Program beasiswa ini akan terus dilaksanakan, sehingga siswa SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah, bisa memersiapkan diri sejak dini.

“Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, masih ada ruang,” ungkapnya.

H.Marwan memiliki berbagai program beasiswa bagi masyarakat, terutama bagi jurusan kedokteran.

“Kita ada beasiswa untuk kedokteran dan umum, dengan catatan harus hafal Alquran minimal 5 juz dan harus mengabdi di Kabupaten Sukabumi selepas pendidikan,” terangnya.

Rektor Universitas Nusa Putra, H.Kurniawan mengatakan, antusias peserta seleksi beasiswa Bupati 2021 ini sangat tinggi, bahkan jumlahnya meningkat dibandingkan tahun 2020 lalu.

“Sekarang ada 1.437 peserta yang ikut seleksi dari semua Kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Jumlah peserta tersebut meningkat sekitar tiga kali lipat jika dibandingkan tahun sebelumnya,” bebernya.

Lewat program beasiswa Bupati ini, dirinya berharap Nusa Putra bisa berpartisipasi dalam daya ungkit kemajuan Kabupaten Sukabumi sesuai dengan visi – misi Kabupaten Sukabumi.

“Kami ingin menjadi bagian dalam peningkatan SDM di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Salah satu peraih Beasiswa Bupati, Asep Teguh Hidayat (18) mengaku bangga bisa mendapatkan Beasiswa Bupati ini dengan meraih nilai tertinggi dalam seleksi penerimaan.

“Alhamdulillah sangat bangga atas pencapaian beasiswa ini, semua ini merupakan hasil kerja keras,” katanya

Pria asal Curugkembar ini, mengaku berterima kasih kepada H.Marwan, lewat kepeduliannya, ratusan orang bisa melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi.

“Terima kasih pak Bupati telah memberikan beasiswa kepada kami,” pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada perangkat daerah dan mahasiswa peraih beasiswa oleh H.Marwan.

(3)