Plh.Bupati Buka MTQ Ke 37 Tingkat Kab.Muara Enim

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim – Plh.Bupati Muara Enim, Dr.H.Nasrun Umar,M.Si membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 37 tingkat Kabupaten Muara Enim yang berlangsung di Kecamatan Gelombang, Senin (5/4/2021) malam yang ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Plh.Bupati Muara Enim.

Perhelatan MTQ Ke-37 Tingkat Kabupaten yang akan berlangsung dari 5 April sampai 10 April 2021 ini diikuti 1.000 peserta dari 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Adapun cabang perlombaan pada MTQ Ke-37 ini terdiri dari tilawah quran, hifzil quran, fahmil quran, sarhil quran, koftil quran, barzanji marhaba, dan musabaqah makalah.

Plh.Bupati Muara Enim, H.Nasrun Umar mengajak semua pihak untuk senantiasa memberikan perhatian serius terhadap pengembangan dan pemasyarakatan Al-quran dalam kehidupan sehari-hari dengan cara dengan meningkatkan fungsi dan peranan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) baik tingkat kecamatan maupun kabupaten dalam menyusun program yang baik.

Dengan demikian, lanjutnya, para qari dan qariah bukan sekadar bisa membaca, namun juga dapat memahami serta mampu mengimplementasikan dan mengembangkannya melalui peningkatan kualitas peserta di masa-masa mendatang.

Sementara Kafilah Kecamatan Lubai Ulu berjumlah 15 orang dan 2 orang oficial. Camat Lubai Ulu, Wien Wierma Putra,S.STP.,M,Si mengatakan, MTQ merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, nasional, bahkan internasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu bacaan, pemahaman, serta pengamalan isi kandungan Alquran di kalangan umat Islam, karena Al-Quran merupakan petunjuk dan pemandu hidup umat Islam di seluruh jagad raya.

Ia mengharapkan pelaksanaan MTQ tersebut akan melahirkan para qori dan qoriah terbaik agar bisa memperkuat Kabupaten Muara Enim pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi yang akan datang.

Pantauan dilapangan, acara pembukaan MTQ yang dihadiri seluruh camat dan Ketua TP-PKK se Kab.Muara Enim ini berlangsung meriah dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

(11)