Jadi Narasumber, Melati Erzaldi Beri Motivasi Mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, SUNGAILIAT, – Peran perempuan dalam perekonomian di Bangka Belitung menurut keterangan Ketua Tim Penggerak PKK tersebut sangat besar kontribusinya, terutama pada pelaku UMKM.

“Karena ternyata, di atas 60% pelaku UMKM di Bangka Belitung adalah perempuan. Sehingga saat ini, perempuan dalam UMKM menjadi sebuah supporter (pendukung) ekonomi bagi Bangka Belitung,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK, Melati Erzaldi saat menjadi narasumber Talk Show Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMIK) dengan tema “Women Inspiration – Wanita Bisa Apa?” di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Pahlawan 12, Sungailiat, Rabu (07/04/2021).

Menurut Melati, saat ini pemerintah pun sudah memberikan cukup ruang bagi perempuan untuk berkarya dan memajukan perempuan dengan berbagai program.

“Pemerintah sudah memberikan ruang kepada perempuan, dengan memberdayakan dan memajukan perempuan. Karena banyak sekali program-program terutama bagaimana perempuan dapat berdaya secara ekonomi,” ujarnya.

Karena itu, Melati sebagai sosok yang menginspirasi para perempuan Babel dengan segudang aktivitas dan jabatan yang telah diemban, memotivasi para perempuan agar membekali diri dengan pendidikan yang baik, memiliki cita-cita tinggi, dan memiliki pendirian. Sehingga peran perempuan menjadi sejajar dan menjadi mitra bagi laki-laki.

Dirinya mengatakan, sangat disayangkan apabila pola pikir yang terjadi sejak dulu di masyarakat bahwa perempuan hanya mengurus dapur, sumur, kasur masih terjadi di era modern. Karena itu, pola pikir peran dan kemampuan perempuan perlu diubah.

Pasalnya, perempuan adalah individu yang mampu dan bisa melakukan apa saja. Bahkan, kemampuan perempuan yang unik adalah dapat melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu.

“Perempuan adalah makhluk yang multi tasking, ini adalah kecerdasan berbeda yang dimiliki oleh perempuan dari laki-laki,” imbuhnya.

Istri Gubernur Babel ini juga memberi motivasi kepada para perempuan untuk meningkatkan kapasitas diri dan memperkaya pengetahuan dengan banyak membaca, mengikuti seminar, dan membuka networking.

“Dengan hal-hal tersebut, perempuan tidak hanya mampu bekerja di rumah, namun saat ini juga bisa menjadi sosok yang hebat dan menjadi tokoh di masyarakat,” pungkasnya.

(4)