Jurnalis Ciamis Gelar Aksi Solidaritas Nurhadi di Alun-Alun Ciamis

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis – Aksi solidaritas menuntut pengusutan kasus kekerasan terhadap Jurnalis, tak hanya dilakukan di berbagai daerah. Puluhan Jurnalis dari berbagai media di Kabupaten Ciamis menggelar aksi unjuk rasa dan solidaritas, Senin (05/04/2021).

Adapun aksi tersebut digelar di Alun-alun Ciamis,ini merupakan bentuk protes para awak media atas penganiayaan yang diduga dilakukan aparat keamanan di Surabaya, terhadap Nurhadi, Jurnalis Tempo.

Menurut informasi yang didapat, Nurhadi mendapatkan kekerasan dan penganiayaan saat mengambil foto dan hendak meminta konfirmasi kepada mantan Direktur Pemeriksaan Direktoral Pajak Kementrian Keuangan Angin Prayitno Aji, pada bulan lalu Sabtu, (17/3/2021).

Ketua Korlap Aksi Edwar Martin Alamsyah mengatakan, aksi ini digelar sebagai bentuk solidaritas jurnalis terhadap Nurhadi, yang dianiaya diduga oknum anggota TNI dan Polri saat menjalankan tugas jurnalistik.

“Kami mengutuk dan sangat menyesalkan kejadian kekerasan yang dialami wartawan Tempo yang sedang menjalankan tugas jurnalis,” ungkap Edo

Dalam orasi dari sejumlah Jurnalis, serta terlihat beberapa jurnalis yang membawa poster dan spanduk yang mereka bentangkan dengan tulusan “Koalisi Untuk Kemerdekaan dan Kebebasan Pers”.

Edo menegaskan, Jurnalis di Ciamis menolak segala bentuk kekerasan terhadap jurnalis dan menuntut pelaku penganiayaan Jurnalis Tempo Nurhadi diproses sesuai Undang-Undang Pers 40/1999.

Dalam menjalankan tugasnya, jurnalis dilindungi undang-undang, kode etik jurnalistik, dan regulasi lain yang sah di mata hukum. Kekerasan terhadap Nurhadi adalah ancaman terhadap pers dan demokrasi.

“Kami berharap kasus kekerasan terhadap wartawan ini diusut tuntas. Pelakunya ditangkap dan dihukum dengan hukuman setimpal,kami harap peristiwa ini jangan sampai terulang lagi,” imbuhnya.

Tuntutan para Jurnalis di Ciamis ini senada, yakni mereka menuntut pihak yang berwajib mengusut tuntas oknum penganiaya Nurhadi Jurnalis Tempo di Surabaya.

(61)