Pilkades Tahap II Di Kab.Garut Diharapkan Berjalan Kondusif

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut – Terkait Pilkades yang akan digelar di 217 desa tahap II Gelombang 1 wilayah kabupaten Garut, mantan Ketua Forum BPD Kecamatan Cibatu, Tata Ansorie berharap berjalan lancar dan kondusif.

Pilkades yang bersifat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil ini benar-benar dijalankan dengan baik.

Adapun Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) yang sudah dibentuk oleh BPD dapat menjalankan tahapan-tahapan secara profesional dan porposional sesuai mekanisme yang telah diatur.

“Pilkades saat ini memang berbeda dengan pilkades sebelumnya, dimana Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ditempatkan disatu titik, melainkan tersebar disejumlah RW atau kampung. Untuk itu perlu kerja ekstra dari PPKD karena ditambah kepanitiaannya untuk ditempatkan di tiap TPS,” ucapnya, Selasa (30/3/2021).

PPKD yang sudah dibentuk oleh BPD jangan sampai mendapat proteks, demikian pula BPD mesti berperan sebagai tokoh sentral yang netral.

Terkait kebutuhan logistik atau perlengkapan peraga, PPKD seyogyanya membuka lelang terbuka agar terjaga intervensi dari pihak manapun.

“Kedepankan profesionalisme mulai nilai harga, kwalitas dan keterbukaan. Bila memang ada tekanan dari pihak-pihak tertentu atau kesulitan, seyogyanya konsultasikan dengan koordibator kecamatan yang notabene pak Camat,” pungkasnya.

(64)