Duta Baca Jabar Ditargetkan Jadi Pelopor Generasi Literat, Bertakwa & Hartawan

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi (Kota Bandung)-, Paguyuban Duta Baca tahun kepengurusan 2021-2023 resmi dikukuhkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Jawa Barat, Dr Ahmad Hadadi. Acara pengukuhan berlangsung secara tatap muka dan online di kantor dinas, Komplek Kawaluyaan kota Bandung (4/3/2021)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat, Dr. Ahmad Hadadi menyampaikan “Selamat atas terbentuknya kepengurusan Paguyuban Duta Baca 2021-2023”. Semoga dapat berperan aktif dalam program unggulan dinas mewujudkan menumbuhkan pembudayaan membaca dan berliterasi melalui program kotak literasi cerdas, maca Dina digital library di berbagai kalangan dalam berbagai media. Kehadiran Duta Baca ini diharapkan siap menjadi model promosi dengan berbagai bentuk billboard, stiker dan poster dan siap mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder Mitra perpustakaan, ungkapnya

Menurutnya pada tahun 2020 di tingkat provinsi Jawa Barat indeks membaca menurun dari 68, 16 menjadi 61,49. Maka indikator-indikator yang menjadikan turunnya angka, harus dinaikkan kembali dengan membangun gerakan membaca pembiasaan membaca sejak dini saat menjadi pelajar, mahasiswa ataupun pekerja usia produktif.

Dr. Ahmad Hadadi menyakini dengan membaca konten / bahan bacaan yang positif ini akan terbangun orang-orang yang literat terhindar dari informasi haox. Lalu budaya membaca menjadi modal penunjang suksesnya, kalau dicermati para peminat hobi pembaca secara tidak langsung mereka akan tercukupi kebutuhan informasinya menguasai berbagai bahasa. Hal itu akan mempermudah untuk perkembangan hidupnya. Kemampuan seperti itu perlu dibangun dalam setiap manusia. Lalu memadukan dengan kemampuan adpatasi dunia digital dan keterampilan. Sehingga terbentuklah pribadi-pribadi yang beriman bertaqwa, intelektual, sejahtera dan hartawan.

Ditengah masyarakat, mereka dapat bergaul berbudaya berbangsa menjadi negarawan bangsawan. Melalui karakter literatnya jadi jalan sukses di masa depan. Tumbuhnya budaya baca yang membangun banyak pribadi sukses. Maka Jabar akan juara lahir dan batin.

Ahmad Hadadi menutup pertemuan itu dengan mengarahkan ada pertemuan khusus antara pejabat Dinas dan duta baca secara rutin. “Saya berharap kepada Kepala Bidang dapat memberikan meluangkan waktu untuk pertemuan khusus, minimal 1 bulan 1 kali untuk bertemu dengan para Duta Baca ini. Dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi program yang telah berjalan di masyarakat secara luas”

(36)