Pembayaran KIR di Garut Sekarang Bisa Online Lebih Praktis dan Cepat

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Heru Sugiman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut – Dishub garut menerapkan digitalisasi sekarang untuk pembayaran uji kendaraan bermotor atau KIR di dinas perhubungan garut kini tidak lagi dilakukan secara manual dan mengantri tetapi dengan menggunakan aplikasi MPOS CRIS BJB pembayaran bisa dilakukan secara non tunai lebih praktis dan cepat.

Kasi TEKSAR Dishub Garut, Asep Sudrajat l menjelaskan, inovasi pembayaran KIR dalam rangka meningkatkan kwalitas pelayanan dan kemudahan layanan publik, salah satu layanannya pembayaran KIR secara on line berbasis aplikasi, jadi masyarakat tidak perlu mengantri lagi dalam pembayaran uji KIR.

“Pembayaran uji kendaraan berbasis on line ini masih dalam uji percobaan supaya pelayanan lebih baik dan akan di berlakukan mulai hari senin depan tanggal 1 maret 2021, jelasnya pada hari sabtu (27/2/2020) kemarin.

Uji coba MPOS-QRIS BJB ini, mulai dilakukan sejak 20 prebruari sampai dengan 27 prebuari 2021. Asep sudtajat menyebut, pembayaran KIR bisa melalui aplikasi Bank BJB digi cash, OVO, LinkAja!, DANA dan GoPay.

“Pembayaran jadi semakin mudah, selain itu juga menghindari praktek-praktek pungli yang dilakukan oleh para calo,” ujarnya.

Adapun, mobile Point Of Sale atau mPOS ini merupakan teknologi di sebuah smartphone atau perangkat portable lainnya yang berfungsi sebagai mesin kasir untuk pembayaran yang mudah.

Sementara QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan, QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI),” tutupnya.

Sementara itu, Agus Salim salah satu masyarakat mengapresiasi inovasi pembayaran KIR yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Garut tersebut.

Menurutnya, dengan aplikasi itu dapat memudahkan para pemilik kendaraan. “Menurut saya bagus ya, pembayaran jadi mudah, bisa lewat mana saja, dengan pembayaran non tunai ini masyarakat lebih terbantu dan bisa menghemat waktu,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60