Gubernur BABEL Lantik 3 Pasangan Bupati dan Wakil Bupati.

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta. : Sermon. S

Koran SINAR PAGI, Pangkal Pinang,- Beberapa pesan disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dalam arahannya saat melantik 3 (tiga) pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2020, di Kantor Gubernur Babel, Ruang Pasir Padi, Jumat (26/02).

Tiga pasangan kepala daerah yang dilantik melalui upacara pelantikan adalah Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman dan Herry Erfian; Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi; serta Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Khairil Anwar.

Kepada para bupati dan wakil bupati yang dilantik, dirinya berpesan agar mampu menjaga amanah yang telah diberikan oleh rakyat.

Selanjutnya bupati dan wakil bupati terpilih dapat bergerak cepat menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

“Terlebih dalam situasi dan kondisi saat ini, banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan. Pemulihan ekonomi dalam masa pandemi masih merupakan pekerjaan rumah bagi setiap komponen masyarakat,” ungkapnya.

Berkaitan dengan pemulihan ekonomi di masa pandemi, para kepala daerah hendaknya dapat memanfaatkan biaya dan sumber biaya sesuai dengan aturan yang berlaku serta mengurangi kegiatan yang tidak efektif.

Gubernur Erzaldi juga menjelaskan ada beberapa wilayah yang menjalankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). PPKM ini agar segera ditindaklanjuti semata-mata demi menyelamatkan dan membuat masyarakat tetap sehat.

Pesan lain disampaikan orang nomor 1 di Babel ini, agar dalam melaksanakan tugasnya para bupati dan wakil bupati mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat dan menggugah partisipasinya untuk bersama-sama mewujudkan harapan dan cita-cita daerah. Dengan begitu, dirinya yakin dan percaya bahwa keberhasilan pembangunan dapat terwujud apabila ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

“Semua pihak tentunya menaruh harapan yang sangat besar kepada bupati dan wakil bupati yang dilantik hari ini, untuk dapat memperjuangkan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat secara sungguh-sungguh di dalam memimpin daerah masing-masing,” harapnya.

Dengan berbekal semangat, kerja keras dan kerja cerdas, serta didukung dengan kemampuan dan pengalaman seluruh pemangku kekuasaan, amanah dan harapan masyarakat dapat diwujudkan oleh para kepala daerah ini.

Gubernur yang pernah menjadi Wakil Bupati Bangka Tengah dua periode ini juga berpesan, dalam melaksanakan tugasnya, bupati dan wakil bupati agar terus berkonsolidasi dengan jajaran di bawahnya untuk mewujudkan daerah menjadi lebih baik.

Pada kesempatan itu juga dirinya menjelaskan bahwa, khusus untuk Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat terpilih direncanakan menyusul setelah habis masa jabatan bupati sebelumnya.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.19-413 tahun 2019 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhitung sejak tanggal pelantikan sampai akhir masa jabatannya pada tanggal 22 Maret 2021 mendatang.

Pada pelantikan kali ini para bupati dan wakil bupati dilantik oleh Gubernur Erzaldi, atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia sesuai dengan arahan dari pusat dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Tanpa mengurangi khidmat dan rasa bangga serta bahagia menyambut kehadiran para bupati dan wakil bupati sebagai pemimpin dengan mandat dan semangat kepemimpinan yang baru, penyelenggaraan pelantikan dilangsungkan secara hybrid, yaitu memadukan kehadiran fisik yang dilangsungkan tertutup dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta secara virtual.

Kegiatan ini terhubung langsung melalui teleconference dengan Kantor Bupati Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur, serta Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, masyarakat bisa menyaksikan melalui kanal media sosial Diskominfo Babel.

Hadir dalam pelantikan bupati dan wakil bupati ini, Anggota DPR RI asal Bangka Belitung, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bangka Belitung, Ketua TP PKK Pemprov Babel, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemprov. Babel, dan para anggota keluarga bupati dan wakil bupati yang dilantik.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90