Vaksinasi Covid-19 Kab. Ciamis Sudah Tiba, 14.000 Vaksin Siap Didistribusikan Gelombang Pertama

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Ciamis)-, Sebanyak 14.000 vaksin telah datang di Kabupaten Ciamis dan siap untuk didistribusikan pada gelombang pertama.

Kedatangan Vaksin Covid-19 tersebut berbarengan dengan kegiatan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Rabu, (27/01/2021).

Dalam kesempatan tersebut dr. Bayu Yudiawan ,MM, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis menyampaikan bahwa Vaksin untuk Kabupaten Ciamis sudah ada di gudang sebanyak 7.000 dan akan datang lagi hari ini 7000 sehingga total keseluruhan mencapai 14.000 vaksin.

“Untuk pelaksanaannya akan dilakukan dua kali tahapan, tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan bagi tenaga kesehatan dan 10 orang dari Forkopimda dengan jumlah vaksin sebanyak 3.800 dengan 2x proses vaksinasi dalam selang waktu 14 hari setelah vaksinasi pertama,” Jelasnya.

Beliau menerangkan untuk tenaga kesehatan ditargetkan selesai bulan februari sedangkan untuk bulan Maret dan April ditujukan pada tenaga publik dan TNI POLRI.

“Untuk gelombang ke-dua vaksinasi akan kita berikan kepada seluruh masyarakat, dan diperkirakan mulai hari kamis besok 14.000 vaksin akan siap di hantarkan ke setiap Kecamatan.” Imbuh dr. Bayu

Dijelaskan lebih lanjut, dr. Bayu menekankan bahwa vaksinasi covid-19 ini benar-benar aman, vaksin ini adalah vaksin sinovac yang mana vaksin ini menggunakan virus yang dimatikan sehingga ini tidak terlalu menimbulkan efek samping.

“Adapun pemberitaan yang beredar dengan berbagai macam efek samping bahkan menyebabkan kematian itu semua adalah hoax dari para buzzer yang anti vaksin, ” Tegasnya.

Lebih lanjut dr. Bayu menuturkan untuk pelaksanaannya akan dilaksanakan pekan depan tepatnya tanggal 1 februari 2021 secara serentak yakni di kabupaten Ciamis, kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

“Kick off insyalloh akan dilaksanakan tanggal 1 februari 2021 serentak di 3 Kabupaten kota, yakni kabupaten Ciamis, kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, sedang untuk penerima vaksin masyarakat sudah mempunyai nomor id berbeda dengan penyesuaian data dari aplikasi.” Tuturnya.

“Dengan jumlah capaian 70% dari penduduk yang tervaksinasi, maka insyalloh kita semua akan membentuk tameng daya tahan tubuh dan aman dari Covid-19, ” Tambahnya menerangkan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Tatang dalam sambutanya mengatakan bahwa tujuan vaksinasi ini adalah untuk terbentuknya daya tahan tubuh masyarakat Kabupaten Ciamis dengan harapan setelah di Vaksinasi Ciamis dapat kembali ke Zona Hijau.

” Kita memang tidak begitu percaya tentang apa-apa saja yang hanya berbau membangun, namun kita lebih percaya dengan hal yang realistis, kita harus percaya vaksin ini benar-benar aman. Saya sendiri siap di vaksin dan termasuk 10 Orang dari unsur Forkopimda. ” Tegasnya

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 berdasarkan arahan dari Presiden RI Jokowi menginginkan dapat selesai dalam kurung waktu 15 bulan.

“Akan tetapi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginginkan percepatan vaksinasi covid-19 dapat di selesaikan dengan waktu 9 bulan saja, ” Katanya.

” Ya, dengan demikian, saya berharap kita Kabupaten Ciamis bersama tenaga kesehatan yang ada akan berusaha mengikuti arahan tersebut, tiada lain untuk pembentukan daya tahan tubuh kita agar aman dan bisa kembali ke zona hijau. ” Terangnya.

Diakhir sambutannya, Sekda Kabupaten Ciamis H. Tatang menyampaikan disamping hal tersebut, ia juga menyampaikan bahwa secepatnya Kabupaten Ciamis akan membentuk Komite Penanganan Ekonomi Daerah (KPED), agar seiring vaksinasi kita juga terus meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian di Daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Tim Gugus Tugas Covid-19, Tim Vaksinasi Covid-19, Polri, OPD terkait, dan beberapa perwakilan Kepala Rumah Sakit, Puskesmas wilayah Kabupaten Ciamis.

(13)