Pemdes Tanjung Kemala Menggelar Musrenbangdes Tahun 2022

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim – Pemerintah Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Lubai menyelenggarakan Musrenbangdes, bertempat di Kantor Desa Tanjung Kemala, Kamis (14/1/2021) sesuai dengan jadwal dari tim kecamatan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Lubai, Edi Suprianto,SP.,M.Si berserta staf, Pjs.Kades Tanjung Kemala Ella Juliani, Ketua BPD dan anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta pemangku kepentingan lainnya.

Dalam kesempatan itu Camat Lubai, Edi Suprianto mengatakan, Musrenbangdes merupakan agenda tahunan dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa yang termuat dalam dokumen RKP Desa, sebagai tahapan lanjutan setelah musdes perencanaan tahun 2021.

“RKP Desa merupakan penjabaran dari RPJM Desa yang memuat rencana penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa untuk jangka waktu 1 tahun kedepan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga kepada masyarakat terkait Vaksinasi, dia berharap masyarakat tidak ragu dan cemas serta takut apabila nantinya divaksinasi, “Vaksin ini aman, pemerintah tentunya berbuat yang terbaik untuk masyarakatnya demi keamanan dan keselamatan masyarakatnya,” tutur Edi.

Sementara Pjs.Kades Tanjung Kemala, Elpa Juliani menyampaikan, agenda dari Musrenbangdes tersebut, menurutnya untuk membahas dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan desa berdasarkan pendapatan desa yang bersumber dari APBN, APBD I dan APBD II, untuk kemudian akan di Musrenbang Kecamatan, sertaa memilih dan menetapkan delegasi desa untuk menjadi perwakilan desa dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan.

“Perencanaan desa diharapkan mampu mengatasi permasalahan riil masyarakat terutama untuk peningkatan kualitas, peningkatan kesehjatraan sosial dan percepatan penanggulangan kemiskinan,” ucapnya.

Disebutkan, perencanaaan desa mesti selaras dengan kebijakan pembangunan kabupaten dalam hal Pendidikan dan Kesehatan dan Ekonomi.

Dia mengaharap agar masing – masing perwakilan dusun menyampaikan usulan yang dianggap perlu, sesuai Anggaran.

(12)