Masyarakat Kabupaten Bangka terima 1.111 Unit Bantuan Peralatan.

Pewarta : Sermon S.

Koran SINAR PAGI, Bangka,- Masyarakat Kabupaten Bangka terima Bantuan sebanyak 1.111 unit barang berupa peralatan rumah tangga, peralatan perlengkapan dapur, peralatan dan mesin, mebelair, bahan baku kue, gerobak dorong serta alat penyedot madu diberikan langsung oleh Bupati Bangka.

Pemerintah kabupaten Bangka memberikan peralatan produksi kepada 600 pelaku UMKM dan juga 170 sertifikat halal , dari Dinas Perindag yaitu ada 80, dari dinas UMKM ada 90 jadi total 170. Di Gedung Wanita Sungailiat, Bangka Senin (11/01/2021).

Dalam sambutanya Mulkan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah pemerintah dalam rangka membangkitkan kembali ekonomi secara nasional.

Lanjutnya ,Kemarin kita mendapat dana DID tambahan dari pemerintah pusat sebesar 11 millyar lebih, untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Dan hari ini semua peralatan itu sudah siap kita berikan kepada para pelaku UMKM,” ungkapnya,

Kita tahu bahwa kondisi 11 bulan ini kondisi masyarakat sangat susah, terutama pada tiga bulan awal mulai dari April, Mei dan Juni itu aturan pemerintah sangat ketat agar masyarakat tidak melakukan aktifitas secara normal. Dengan adanya bantuan ini masyarakat yang terdampak dapat bangkit kembali dalam usaha mereka,” terang Mulkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bangka, Asmawi Ali mengatakan bantuan tersebut diberikan kepada pelaku UMKM yang telah memenuhi persyaratan.

“Persyaratannya harus memiliki ijin, berproduksi secara rutin, dan setelah disurvei layak menerima bantuan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan akan terus melakukan pengawasan terhadap pelaku UMKM yang telah mendapatkan bantuan tersebut. Hal itu dilakukan agar bantuan peralatan yang telah diberikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita akan tetap lakukan evaluasi dan monitoring sampai sejauh mana mereka menggunakan efektivitas alat itu. Jika kesulitan akan kita bantu, dan jika tidak dipergunakan oleh mereka kita sarankan agar diberikan kepada yang membutuhkan,” tandasnya.

(2)