Camat Lubai Hadiri Musrenbangdes Kota Baru

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Mura Enim – Bertempat di kantor Desa Kota Baru, Kecamatan Lubai dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Kegiatan ini dihadiri Camat Lubai, Edi Suprianto,SP.,M.Si Babinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa, perangkat desa, pemuda, BPD, serta tokoh masyarakat, Rabu (13/01/2021).

Ketua BPD Kota Baru menyampaikan bahwa dalam Musrenbangdes masyarakat yang mewakili kampung atau dusun untuk mengajukan kegiatan pembangunan di dusun masing-masing.

Kepala Desa Kota Baru menambahkan, dikarenakan pandemi Covid-19, anggaran tahun 2020 banyak terkuras untuk menangani pendemi Covid-19, “Hampir 70 persen untuk pendimi Covid-19 dan hanya 30 persen untuk pembangunan. Untuk itu Pemerintahan Desa Kota Bru akan mengusulkan ulang kegiatan pembangunan tahun 2021,” katanya.

Masyarakat dipersilahkan untuk mengusulkan dan menyampaikan apa yang menjadi proritas yang di pandang lebih perlu.

Sementara Camat Lubai, Edi Suprianto,SP.,M.Si dalam kata sambutannya menyampaikan, Musrenbangdes merupakan wadah untuk menampung aspirasi masyarakat untuk merencanakan apa apa yang ingin diusulkan di dalam membangun desa.

“Musrenbangdes merupakan tindak lanjut dari Musrenbang tingkat dusun. Hasil Musrenbangdes Kemudian akan dibawa/dibahas pada Musrenbang tingkat kecamatan untuk selanjutnya akan dibahas pada Musrenbang tingkat Kabupaten di Kabupaten Muara Enim,” tuturnya.

Ditegaskan, usulan harus mengacu skala prioritas dan tidak menyalahi aturan yang berlaku, tambahnya.

Disamping itu juga Camat Lubai juga mengajak masyarakat untuk tidak termakan dengan berita Hoax mengenai vaksin sinovac, “Jadi kita tidak usah takut dengan suntik vaksin ini tidak ada pemerintah yang mau mengajak masyarakatnya susah, emua untuk keamanan dan keselamatan kita semua,” tutupnya.

Dalam pelaksanaan tetap melaksanakan protokol kesehatan, dimana peserta Musrenbangdes wajib melaksanakan 3 M, Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

(12)