Sikap Ideal Muslimin Antisipasi Wabah

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi (Kabupaten Bandung)-, Bencana wabah yang dulu sempat dialami umat terdahulu kini dialami umat dipenjuru dunia. Wabah corona/covid19 hampir 10 bulan belum berlalu. Lalu bagaimanakah sikap muslim yang ideal menyikapinya.

Ustadz Ruslan Gunawan di Masjid Syubbanul Uluum Margaasih menyampaikan ceramah perihal sikap orang beriman menghadapi wabah ini, Allah Ta’ala berfirman :

وَٱتَّقُوا۟ فِتْنَةًۭ لَّا تُصِيبَنَّ ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنكُمْ خَآصَّةًۭ ۖ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (Al-Anfal : 25)_

Imam Ibnu Katsir berkata : Allah Ta’ala memberikan peringatan kepada hamba-hambaNya yang beriman agar waspada terhadap fitnah, dan yang dimaksud fitnah disini adalah ujian dan musibah. Bahkan tatkala fitnah sudah menimpa, dampaknya akan meluas bukan hanya pada orang yang bermaksiat saja melainkan mencakup orang yang tidak bermaksiat pun akan merasakan dampaknya (Tafsir Ibnu Katsir)

Uqbah bin ‘Aamir (salah seorang sahabat) pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا النَّجَاةُ
“Wahai Rasulullah, apakah keselamatan itu?”

Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :

أَمْسِكْ عَلَيْكَ لِسَانَكَ وَلْيَسَعْكَ بَيْتُكَ وَابْكِ عَلَى خَطِيئَتِكَ

“Jagalah lisanmu, hendaklah rumahmu membuatmu merasa lapang (artinya: betahlah untuk tinggal di rumah), dan menangislah karena dosa-dosamu.” (HR. Tirmidzi no. 2406, shahih)

Maka sikap seorang muslim disaat fitnah melanda adalah :

  1. Menjaga Lisan, artinya banyak diam pada hal-hal yang bukan keahliannya dan tidak memiliki ilmu tentangnya.
  2. Banyak diam dirumah, menghindari kumpulan yang kurang bermanfaat bahkan bisa jadi sarana ghibah dan lainnya.
  3. Menangisi dosa-dosa yang pernah dilakukan, banyak bermuhasabah diri sehingga lebih fokus memperbaiki diri.
  4. Berdoa, memohon kepada Allah agar diselamatkan dari difitnah, dan mendoakan kaum muslimin agar Allah berikan keselamatan dan dihindarkan dari berbagai musibah yang menimpa.
banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90