Desa Sancang Mukti Dikukuhkan

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut – Warga Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut mengadakan kegiatan pengukuhan atas pembentukan desa baru atau bisa di sebut juga pemekaran desa di Balai Desa Sancang Kecamatan Cibalong.

Dalam kegiatan pengukuhan pembentukan desa baru yang bernama Desa Sancang Mukti itu di hadiri oleh Porkopincam Kecamatan Cibalong, Pemerintah Desa, tokoh masyarakat,tokoh pemuda dan warga Desa Sancang.

Luas dari desa Sancang itu mencapai dari 5000 ha lebih serta 8.462 jiwa dan 2800 Kartu Keluarga, hasil dari pengukuhan pembentukan dari kegiatan tersebut yaitu 2845 ha dan penduduk 462 jiwa serta 1346 kartu keluarga dari induk desa sancang itu terbawa ke desa baru/ Desa Sancang mukti.

Dalam hal ini mekanisme ataupun persyaratan pembentukan dengan mengacu kepada Peraturan Pemerintah Daerah (PERDA) Kabupaten Garut No 7 tahun 2008 tentang Pembentukan, penghapusan, Penggabungan dan perubahan setatus desa menjadi kelurahan.

“Dalam pasal 2 hurup a yaitu pembentukan desa baru serta tujuan pembentukan dalam pasal 3 untuk meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan desa secara daya guna, berhasil guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” ujar hery, salah satu penitia pembentukan desa, Rabu (3/12/2020).

Menurutnya, Itu yang menjadi acuan secara aturan dalam pembentukan desa baru serata masyarakat sangat antusias dan mendukung jalan nya pembentukan desa baru.

Sementara Salah satu warga, Andri dari Kampung Cijeruk Desa Sancang sekaligus Ketua SPBUN PTPN VIII kebun unit Miramare mengatakan dirinya sebagai warga Desa Sancang sangat mendukung dalam hal pembentukan desa baru, apa lagi sudah beberapa taun kebelakang untuk mengusulkan pemekaran desa.

Hal serupa dikatakan Ketua BPD Desa Sancang, Liki meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Garut untuk membantu pemekaran Desa Sancang Mukti.

(39)