Kasi Trantib Kec.Lubai Ulu Hadiri Penilaian Lomba Posko Covid-19 di Desa Lecah

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim – Penilaian Lomba Posko Covid-19 tinkat Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim dilaksanakan, Selasa (17/11/20). Khusus di Kecamatan Lubai Ulu yang ditunjuk menjadi perwakilan adalah Desa Lecah.

Ketua tim penilai Kabupaten H.Abdul Nazir Asmi menjelaskan, tolak ukur penilaian adalah bagaimana mengarahkan masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan dan serta kerjasama tiga pilar di desa.

Sementara Kasi Trantib Kecamatan yang merupakan Jubir Protokol Kesehatan, Lukman Hakim menyampaikan maksud dan tujuan Lomba Kampung Tangkal Covid-19 yang tidak lain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga mempercepat proses terbebasnya desa maupun kecamatan dari pandemi Covid-19 melalui sinergitas 3 pilar yakni pemerintah, TNI dan Polri.

Dari lomba ini diharapkan tercapainya aparatur pemerintah kelurahan yang handal, tertib administrasi dan sigap dalam hal pendataan dan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, sebagai metode untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah kelurahan, Babinsa, Babinkamtibnas dan masyarakat, untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Tata cara penilaian lomba kampung tangkal Covid-19 dilakukan dengan mengkonversi kriteria penilaian yang dimiliki desa selama masa pencegahan dan penanganan penularan Covid-19 kedalam suatu besaran angka agar dapat dikalkulasikan dengan bobot yang telah ditentukan dengan nilai akhir tertinggi diberi angka 100 dan nilai terendah 10.

Kriteria penilaian tertib adminitrasi bobot penilaian 10%, data dengan variabel penilaian gugus tugas Covid-19 kelurahan (bobot penilaian 10%), sarana prasarana protokol kesehatan (bobot penilaian 20%), tingkat sinergitas tiga pilar pimpinan wilayah kelurahan (bobot penilain 30%), dan tingkat kepatuhan/ disiplin masyarakat kelurahan dalam melaksanakan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 (bobot penilain 30%).

Dalam kesempatan itu juga kepala desa lecah sekaligus ketua gugus covid 19 desa lecah mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah kecamatan dan tim penilai kabupten yang telah banyak memberikan supot dan arahan.

Tampak hadir juga, Kasi PMD, Kasi Trantib, Babinkamtibmas, Babinsa serta Tim Gugus Desa Lecah, Kepala Puskesmas Desa Sumber Mulya.

(19)