Nekat Berlibur Saat Pandemi, Wisatawan Jadi Positif Covid 19

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Bandung)-, Tetap ingin berlibur di masa pandemi. Sebanyak lima wisatawan dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pengetesan secara acak pada libur cuti bersama 28 Oktober – 1 November lalu.

Menurut Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar, Daud Achmad, semua wisatawan yang positif itu sudah menjalani isolasi dan kepada kontak eratnya dilakukan pelacakan atau tracing. Pada libur panjang akhir pekan Oktober tersebut, dilakukan pengetesan rapid test secara acak kepada 14 ribuan wisatawan di 54 objek wisata di Jawa Barat.

“Hasilnya, ada 408 wisatawan yang hasil rapid test-nya reaktif. Kemudian semuanya menjalani swab test metode PCR. Dari 408 itu, ada lima orang yang positif, satu orang saat pengetesan di Kabupaten Bogor dan empat orang yang dites di Kota Cimahi,” ujar Daud di Gedung Sate, kepada media (6/11).

Daud mengatakan, kepada lima orang yang dinyatakan positif Covid-19 ini, telah dilakukan langkah-langkah lebih lanjut oleh Satgas Penanganan Covid-19 setempat. Kemudian dilakukan pelacakan kontak eratnya. “Jadi hanya dari 480 yang reaktif, hanya 1,2 persen yang positif ya. Itu dari 14 ribuan yang dites,” katanya.

Secara keseluruhan, kata dia, kasus positif Covid-19 di Jawa Barat sekitar 70 persennya didominasi dari kawasan Bodebek (Bogor, Depok, dan Bekasi). Kasus aktif terbanyak pun berada di kawasan penyangga DKI Jakarta tersebut.

(5)