Proyek Tak Bertuan di Kp. Sukalaksana RT 4/ 10 Desa Sukaresmi Kec.Rancabali

Pewarta : Tim Liputan

Koran SINAR PAGI, Kab. Bandung,- Pantauan Tim liputan sejak beberapa minggu, terdapat proyek tak bertuan di Kp. Sukalaksana, Desa Sukaresmi, Kec. Rancabali, Kab. Bandung,

Selain tidak bertuan, proyek jalan gang tersebut dikerjakan asal-asalan, hal ini terpantau dari penggunaan matetial, seperti pasir cor tidak sesuai spek, campuran adukan semen cor tidak menggunakan mesin molen, sehingga adukan tidak maksimal. Hal ini diutarakan oleh satu diantara warga Kp. Sukamanah yang tidak mau ditulis identitasnya.

Selanjutnya Tim liputan mewawancarai satu diantara pekerja proyek dengan samaran ID, Kepada ID tim liputan menanyakan sumber anggaran, ID menjawab menurut bosnya sumber anggaran dari Disperkimtan, lebih lanjut ditanyajan soal tidak dipasangnya papan proyek, ID menjwab “kurang tahu, itu urusan pak AG sebagai pelaksana. Kalau kami hanya sebagai tenaga kerja” Lebih jauh Tim bertanya kepada beberapa pekerja terkait upah, mereka menyatakan akan dibayar Rp 60.000,-/hari/orang, Namun sejak awal bekerja sampai selesai, mereka mengaku belum dibayar, padahal itu untuk biaya makan anak dan istri. Pada kesempatan itu mereka menyampaikan harapan upahnya segera dibayar, agar pemberdayaan masyarakat dapat berjalan sesuai tujuan pemerintah.

Dikesempatan lain Tim liputan mengkonfirmasi DISPERKIMTAN Kab Bandung melalui staf yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut via tlp selulernya, staf membenarkan bahwa proyek tersebut sumber anggarannya dari DISPERKIMTAN Kab. Bandung Bidang Kawasan. Ditanya soal upah para pekerja proyek yang tidak kunjung dibayar, pihaknya akan menyampaikan hal itu kepada AG selaku pelaksana proyek.

(37)