Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Capaian Opini WTP

Pewarta : Sermon S

Koran SINAR PAGI ,PANGKALPINANG ,- Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 yang diraih Pemkab Bangka mendapat Penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan RI.

Penghargan tersebut diserahkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Johan kepada Wakil Bupati Bangka Syahbudin SIP dalam sebuah acara yang digelar oleh Kanwil Perbendaharaan Babel, Rabu (13/10/2020) di ruang Pertemuan Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel.

Penghargaan ini untuk Pemkab Bangka merupakan penghargaan yang keempat kalinya berturut-turut, yakni tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019 yang melengkapi capaian Opini WTP yang tahun – tahun sebelumnya juga pernah diraih.

Untuk itu Wakil Bupati Bangka mengucapkan terimakasih kepada seluruh Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Bangka yang tetap konsisten berupaya mempertahankan Opini WTP setiap tahunnya, dan mengajak untuk tetap berusaha meraih kembali di tahun – tahun berikutnya.

“Kita mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh OPD, yang telah bekerja keras dan berupaya dengan kemampuan terbaik mereka, sehingga kita bisa mendapatkan WTP ini untuk yang keempat kalinya berturut turut. Insya Allah, hal ini tetap akan kita pertahankan, kita upayakan, sehingga nanti kita mendapatkan yang kelima dan seterusnya,” jelas Syahbudin.

Pemkab Bangka saat ini menurut Syahbudin, sangat berkomitmen terhadap pengelolaan keuangan yang akuntabel. Sehingga dapat terus meraih capaian penilaian Opini WTP ini, karena menurutnya melalui pengelolaan keuangan daerah yang baik akan memberikan dampak yang baik pula bagi masyarakat melalui program-program pemerintah yang dijalankan setiap tahunnya.

“WTP ini salahsatu upaya kita untuk menutup rapat – rapat terhadap adanya potensi korupsi, dengan demikian kita harapkan pembangunan dan program -program pemerintah dalam hal ini Bangka Setara, benar – benar bisa kita wujudkan sesuai dengan aturan dan bermanfaat untuk masyarakat kita itu yang lebih penting,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Johan dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mencapai pembangunan yang baik dan tepat sasaran, sangat memerlukan penyusunan laporan dan pengelolaan keuangan yang baik.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemerintah kabupaten/ kota di Provinsi Bangka Belitung yang telah mendapatkan opini WTP. Kita berharap sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten /kota dalam rangka menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerahnya dan melaksanakan keuangan daerahnya ini terus dapat kita lakukan bersama-sama, karena kita ingin melaksanakan pembangunan di Provinsi Bangka Belitung dan kabupaten/kota berjalan dengan baik, yang diawali dengan pengelolaan keuangan yang baik sehingga tepat sasaran,” jelas Erzaldi.

Penghargaan ini menurut Kepala Kanwil Perbendaharaan Bangka Belitung, Fahma Sari Fatma SE,Ak, MSE adalah amanah dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan yang diberikan atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Tahun ini penghargaan diberikan kepada 7 pemerintah daerah dari 8 pemerintah daerah di lingkup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Tahun ini adalah tahun yang cukup menggembirakan untuk Provinsi Bangka Belitung, tahun ini kita dari 8 Pemda, 7 Pemda meraih Wajar Tanpa Pengecualian. Kita masih punya 1 PR bahwa 1 Pemda kita masih mendapat opini wajar dengan pengecualian,” katanya.

(3)