Camat Lubai, Edi Suprianto Buka Kegiatan Pelatihan E-DMC

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Kegiatan Pelatihan Aplikasi Desa Melawan Covid (E-DMC) dan Human Development Worker (E-HDW) yang dipusatkan di Kecamatan Lubai dengan dihadiri oleh peserta pelatihan 2 orang operator setiap desa, dari 10 Desa di Kecamatan Lubai yang ditugaskan Kepala Desa untuk E-DMC dan 1 (satu) orang Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk E-HDW masing-masing setiap Desa.

Peserta yang hadir 20 Orang dari 10 Desa di Kecamatan Lubai, Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Lubai Edi Suprianto,SP.,M.Si.

Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Camat Lubai, Edi Suprianto,SP.M.Si memberikan dorongan semangat bagi para operator yang telah ditugaskan oleh Kepala Desa masing – masing untuk melaksanakan pelaporan di Desa dan selalu mengupdate data kegiatan untuk kemajuan desa sesuai Aplikasi yang ada.

“Sesudah dilatih untuk informasi terkini, yang diharapkan pemerintah sesuai Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI nomor 13 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Desa Melawan Covid (E-DMC) dan Human Development Worker (E-HDW) yang dibiayai dari Dana Desa (DD),” ucapnya.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pendamping Desa Kecamatan Lubai yang telah menyelengarakan kegiatan ini, sebagai pelaksana Pelatihan yang merupakan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Sintang, Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pelatihan Program Berbasis Aplikasi tersebut sengaja diluncurkan dalam rangka mengantisipasi semua situasi dan kondisi ditingkat pemerintah Desa, dengan aplikasi yang ada mampu mengelola sistem dan sumber daya untuk pembangunan berbasis teknology.

Peserta dan pendamping desa melakukan pelatihan, Joko Rahaman S.Pd.i selaku Koordinator Pendamping Desa Pemberdayaan (PD-P) Kecamatan Lubai mengatakan, “Kami siap mendukung dan fasilitasi Desa dalam penguasaan sistem berbasis aplikasi tersebut. Tugas kami memang memberdayakan Desa untuk mandiri serta terampil dalam membentuk SDM masyarakat dan aparaturnya, kegiatan kami laksanakan selama satu hari yakni tanggal 12/10/20,” jelasnya.

Acara tersebut dihadiri Camat Lubai, Edi Suprianto SP.M.Si, Sekertaris Kecamatan Lubai, H.Zamhariro,SE, Tenaga Ahli Kabupten mlMuara Enim, Win Insani,ST,MT, Bayu Pratama,SPd.i,

(15)