Uniga Gelar Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus, Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020-2021

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Melalui sidang senat terbuka yang yang dipimpin langsung Ketua Senat Universitas Garut (Uniga) Prof.Dr.H.Endang Soetari,MS, Universitas Garut (UNIGA) hari Kamis (1/10/2020) melaksanakan prosesi Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020-2021 dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter, Inovatif, Mandiri dan Bersinergi di Era New Normal”.

Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan sacara daring melalui live streaming Youtube dan Aplikasi Zoom Meeting, diikuti oleh 1.736 Mahasiswa Baru (Maba).

Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr.Ir.H.Abdusy Syakur Amin,M.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan PKKMB Universitas Garut (Uniga) tidak hanya dilakukan secara daring, namun juga secara luring atau tatap muka langsung hanya jumlahnya terbatas dihadiri oleh 9 mahasiswa baru perwakilan dari 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana.

“Pelaksanaan PKKMB tingkat universitas dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020, kemudian PKKMB tingkat fakultas dilaksnakan pada tanggal 2 s.d 3 Oktober 2020. 1.736 peserta terdiri dari 8 fakultas dan 1 program Pascasarjana” Ungkapnya.

Rektor Uniga menambahkan Kegiatan PKKMB ini merupakan salah satu kegiatan utama dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 pelaksanaan PKKMB dilangsungkan secara hidmat, sesuai namnaya pengenalan kehidupan kampus dimana mahasiswa baru akan diberikan informasi tentang visi misi Uniga, proses pembelajaran, pengembangan learning managemen system, mekanisme proses akademik, fasilitas pembelajaran serta fasilitas penunjang lainya yang kesemuanya merupakan kelengkapan rangkaian proses pembelajaran.

Untuk memperkuat pemahaman kebangsaan disampaikan juga beberapa materi tambahan seperti pilar kebangsaan, bela Negara, masalah radikalsime terorisme, penyalahgunaan narkoba, kesadaran lingkungan hidup pada masa pandemic covod-19, serta bijak dalam menggunakan teknologi informasi dan media sosial, yang menjadai narasumber dalam penyampaian materi tadi pihak kampus mengundang Kapolres Garut yang diwakili Kasat Binmas AKP Dudu Gunawan SH, Dandim 0611 Letkol, CZI Dr. Deni Iskandar ST, M Han, MDM, CAN Kepala BNN Garut AKBP Irzan Haryono SH MH dan narasumber dari internal terkait masalah lingkungan hidup dan bijak dalam menggunakan teknologi informasi.

Secara keseluruhan penerimaan mahasiswa baru Uniga tahun mengalami penurunan dibanding tahun lalu meskipun penurunanya relative kecil, tapi kita bersyukur dimasa pandemic Covid-19 kepercayaan masyarakat terhadap Uniga masih cukup besar terbukti sebanyak 2.398 calon mahasiswa telah mendaftar dan melalui tahapan yang cukup selektif diterima sebanyak 1.736 mahasiswa baru.

“Atas nama Rektor Universitas Garut kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras khususnya Wakil rektor bidang Kemahasiswaan yang telah memaksimalkan seluruh potensi yang ada” Ungkapnya.

Ketua pelaksana PKKMB Uniga 2020 yang sekaligus Wakil Rektor Uniga bidang Kemahasiswaan, Iman Saifullah, S.Pd, M.Pd mengungkapkan Jumlah 1.736 Mahasiwa baru tersebut tersebar dibeberapa fakultas diantaranya Pascasarjana 81 Mahasiswa, FISIP sebanyak 126, Fakultas Ekonomi 477 Mahasiswa, F-Mipa 258 mahasiswa, Fakultas Teknik 72 mahasiswa, Fakultas Pertanian 138 mahasiswa, FPIK sebanyak 277 mahasiswa, Fikom sebanyak 178 dan Kewirausahaan 129 Mahasiswa.

“Setelah selesai melaksanakan PKKMB mereka akan mulai melaksanakan proses perkuliahan pada hari Senin Tanggal 5 Okrober 2020,” ungkapnya.

(6)