H.Rd.Holil Aksan, “Garut Utara siap menjadi Kabupeten mandiri dan termaju di Jawa Barat”

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Ketua Umum PM Gantra, H.Rd.Holil Aksan mengatakan, hari ini adalah rangkaian hari bersejarah bagi masyarakat Garut Utara dari peristiwa peristawa sejarah besar sebelumnya dari sejak zaman Keprabuan Siliwangi, Kerta Rahayu, Galuh Pakuwon, Keadipatian Limbangan sebagai Pusat pemerintahan otonomi kaum pribumi yang berdaulat, hingga peristiwa sejarah atas perpindahan pusat Pemerintahan Kabupaten Limbangan dengan alasan adanya pembangkangan kepada Penjajah waktu itu satu abad yang lalu yang hari ini kita kenal menjadi Kabupaten Garut yang kita cintai.

“Seiring dengan waktu berjalan, kami masyarakat Garut Utara terus mengharapkan kembalinya pusat pemerintahan ke Garut Utara dengan satu pesan lisan leluhur yang sampai dari generasi ke generasi yang tersurat dan tersirat dalam kalimat ‘Limbangan Ngadaun Ngora’,” tuturnya, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, hari ini adalah hari dimana perjuangan masyarakat Garut Utara dengan wadah aspirasi PM GATRA , Paguyuban Masyarakat Garut Utara sampai pada gerbang perjuangannya yaitu diparipurnakannya Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Garut Utara oleh DPRD dan Bupati Garut setelah melalui tahapan perjuangan yang panjang dan pemenuhan proses administrasi yang disyaratkan oleh peraturan dan perundangan undangan melalui Musdes di 11 Kecamatan cakupan wilayah CDOB Garut Utara.

Walaupun sebenarnya bahwa Garut Utara secara fakta sejarah bukan Daerah Otonomi Baru karena dulunya adalah Pusat Pemerintahan Otonomi.

“Apa pun adanya kami tetap memperjuangkan kembalinya Garut Utara sebagai pusat pemerintahan dengan cara kontitusional sesuai perraturan dan uu melalui tahapan Pemekaran DOB Garut Utara,” tegasnya.

Menurutnya, dengan diparipurnakannnya CDOB Garut Utara hari ini oleh DPRD Garut, selaku Ketua Umum PM Gatra dirinya bersama dengan seluruh jajaran pengurus dan atas nama Masyarakat Garut Utara, dengan ini menyampaikan permohonan agar tahapan-tahapan selanjutnya yang diharuskan agar mendapatkan perhatian dan keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Induk, Pemrov Jawa Barat untuk segera menyelesaikan segala hal dan persyaratannya sebagai Calon Daerah Otonomi Baru yang secepatnya diusulkan ke Pemerintah Pusat sebagai CODB dan disahkan sebagai Daerah Otonomi Baru Kabupaten Garut Utara, kata Holil.

Dikatakannya, Garut Utara cinta NKRI, Garut Utara siap menjadi Kabupeten mandiri dan termaju di Jawa Barat. Garut Utara siap memberikan kinstribusi yang terbaik untuk kemajuan dan kejayaan NKRI.

“Alhamdulillah persetujuan Daerah Persiapan DOB Garut Utara ditanda tangani oleh ketua DPRD dan Bupati Garut,” pungkasnya.

(10)