Ketua dan Anggota BPD Gunung Raja Dilantik

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Sesuai Surat Keputusan Bupati Muara Enim No.646/kpts/DPMD/2020 tertanggal 3 September 2020, Camat Lubai, Edi Suprianto,SP.,M.Si atas nama Bupati Muara Enim melantik Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Gunung Raja, Kecamatan Lubai terpilih yang berjumlah 7 (tujuh) orang, Selasa (29/9/20).

Pelantikan yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Lubai ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, social distancing dan lainnya.

Pantauan koransinarpagijuara.com, petugas desa tampak mengecek suhu tubuh setiap orang yang memasuki tempat pelantikan. Sebelumnya para tamu juga diarahkan untuk mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu.

Seperti kegiatan pada umumnya yang dilaksanakan pada masa pandemik Covid 19 ini, jarak tempat duduk diatur sedemikian rupa sesuai dengan yang dianjurkan Tim Gugus Tugas Penangan Covid 19.

Selain itu, tamu yang datang pun diharuskan untuk menggunakan masker dengan jumlah yang dibatasi dan waktu pelantikan juga dipersingkat.

Berikut nama Ketua dan Anggota BPD Gunung Raja yang dilantik,

1. M.Suhadi, Jabatan Ketua, unsur yang diwakili Dusun 2 (Dua),
2. Kusdianto, Jabatan Wakil Ketua, unsur yang diwakili Dusun 7 (Tujuh),
3. Hamizah, Jabatan Sekretaris, unsur yang diwakili Dusun 5 (Lima),
4. Hendra Gunawan, Jabatan Anggota, unsur yang diwakili Dusun 4 (Empat),
5. Julianto, Jabatan Anggota, unsur yang diwakili Dusun 4 (empat),
6. Darul Qotni, Jabatan Anggota, unsur yang diwakili Dusun 5 (Lima),
7. Susmawati, Jabatan Anggota, unsur yang diwakili, Perempuan.

Usai melantik, Camat Lubai memberikan ucapan selamat kepada Ketua dan anggota BPD Periode 2020 – 2026.

“Semoga BPD yang baru dilantik ini, bisa mengerjakan tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” ucapnya

Dikatakan, seluruh anggota BPD harus menguasai dan paham tentang Undang-undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa, dimana dalam peraturan tersebut, telah diamanatkan bahwa tugas dan fungsi kepala desa sebagai penyelenggara pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat setempat.

“Tugas ini yang akan dilaksanakan BPD sebagai fungsi penyelenggara desa, kerena secara teoretis BPD dan kepala desa harus seiring, sejalan dan sekata dalam menjalankan regulasi pemerintah desa yang lebih baik,” bebernya.

Pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan, teeitama jajaran panitia yang telah berjuang dengan baik sehingga proses pemilihan BPD berjalan sukses.

“Terima kasih kepada semua pihak telah mendukung proses pemilihan BPD Gunung Raja, termasuk para calon yang bisa menahan semua hal hal yang kurang baik, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pihak lainnya yang sudah membantu mensukseskan pelantikan BPD ini,” ucapnya.

Ditegaskan, semua anggota BPD yang dilantik dapat bersama – sama dan bersinergi dengan pemerintah desa untuk membangun desa agar dapat maju dan sukses, ujarnya.

Menurutnya, anggota dan pengurus BPD yang baru dilantik ini, merupakan hasil pilihan masyarakat yang dipilih dengan cara Demokrasi pilihan langsung. Hal ini, merupakan kepercayaan warga dan wajib diemban serta dipertanggung jawabkan.

“Iya, BPD ini merupakan wujud kepercayaan masyarakat sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan desa yang berperan menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat sekaligus mengawasi pelaksanaan peraturan desa,” paparnya.

Peran dan fungsi BPD ini, sangat penting untuk meningkatkan pembangunan desa dan pemantapan pelaksanaan kinerja pemerintah desa yang diharapkan mampu menjebatani keingininan masyarakat.

“BPD ini mitra pemerintah desa yang dituntut senantiasa menjaga hubungan harmonis antara BPD dengan pemerintah desa demi kepentingan masyarakat. Jadi BPD ini adalah badan legislatifnya desa,” timpalnya.

Sementara itu, Pjs.Kades Gunung Raja, Minal Alfazi mengucapkan selamat bergabung kepada BPD yang baru, semoga roda pemerintahan ke depan akan lebih baik lagi dan ucapan terimakasih kepada BPD yang lama yang sudah bekerja keras membangun pemerintah desa.

“Pelantikan ini, diselenggarakan lantaran pimpinan dan pengurus BPD Desa Gunung Raja yang sebelumnya telah habis masa jabatannya,” katanya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Kapolsek Rambang Lubai, AKP Akhmad Bakri,SH, Danramil Rambang Lubai, Kapten CZi Didi Suratman, Ketua TP-PKK kecamatan Dina, SPd,kepala KUA Kecamatan Lubai, Pjs Kades Gunung Raja, Minal Alfazi, Babinsa, Babinkamtibmas serta tamu undangan lainnya.

(12)