Dedi Supandi Wow!

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Ketua Pengurus Besar PGRI)

Mewakili pengurus PGRI tingkat pusat dan semua pengurus PGRI mulai dari tingkat ranting sampai PB PGRI Saya ucapkan terimakasih dan wow pada Kadisdik Provinsi jawa Barat Dedi Supandi. Dalam waktu yang sangat singkat Dedi Supandi sudah berbuat luar biasa bagi pendidikan Jawa Barat.

Hal yang paling wow dan Saya apresiasi adalah terkait naiknya “derajat” anggota PGRI di wilayah Jawa Barat. Pertama diberikannya SKKD dan cairnya TPG bagi seribu lebih guru honorer di masa awal kepemimpinannya. Ini sangat terkait dengan kegesitan sosok Dedi Supandi dalam melayani para guru honorer di SMAN/SMKN dan SLBN.

Kedua pengangkatan para kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK/SLB di awal masa jabatannya sungguh luar biasa. Sosok Dedi Supandi nampak “ngabret” untuk perbaikan layanan pendidikan di Jawa Barat. Pengangkatan para kepala sekolah, pengawas dan diterimanya TPG oleh guru honorer di sekolah negeri sungguh wow dan luar biasa.

Sebagai pengurus organisasi profesi guru Saya sangat bahagia dan bersyukur Jawa Barat punya Kadisdik muda dan progresif. Mungkin karena latar belakang keilmuan dan pengalaman di organisasi kepemudaan Ia memahami lapangan. Pejabat yang mengerti dan mengetahui dinamika lapangan tidak banyak.

Tidak sedikit pejabat yang tidak nyambung dengan tuntutan lapangan. Mengapa? Karena tidak punya pengalaman lapangan dan terlalu banyak duduk di kursi empuk jabatan yang diraihnya. Sosok Dedi Supandi adalah Kadisdik muda yang progresif afirmatif. Sosok ahli lapangan dan pengalaman berprestasi di birokrasi dan organisasi, inilah yang dibutuhkan di dunia pendidikan kita.

Sosok yang mengerti organisasi, birokrasi dan punya pengalaman pahit manis sebagai aparatur negara yang merintis karir dari bawah, dipastikan sosok Dedi Supandi akan lebih afirmatif dan mengerti kebatinan “jamah pendidikan Jawa Barat”. Terutama para guru, kepala sekolah dan para pengawas sekolah.

Ditangan Dedi Supandi sebagai Kadisdik Jawa Barat para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah menunggu supporting dan afirmating untuk “ngabret” bersama, menuju Jabar Juara Lahir Batin. Pepatah bijak mengatakan, “Sebuah pertempuran sukses tergantung kepiawaian pimpinan mengomandoi pasukan”. Begitu pun guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah akan ngabret efektif bila sosok Dedi Supandi menjadi panutan yang afirmatif dan inspiratif.

Selamat berjuang membangun pendidikan Jawa Barat lebih baik Pak Dedi Supandi. Sebagai pejabat, tugas dan karir akan terus naik dan membesar. Mewakili para guru, kepaIa sekoIah, pengawas sekolah dan organisasi profesi PGRI mendukung penuh, gas pooool ! Allah bersama para pejabat yang sayang guru dan masyarakat!

(4)