Ketua BMW Car Bahas QS.Al-Qasas 77 Saat Berhobi & Beramal Di Kampus Utama

Pewarta: Dwi Arifin
Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Komunitas mobil BMW mengadakan acara touring dari Jakarta ke Bandung. Bukan hanya touring tapi juga ada penggalangan dana untuk bakti sosial di masa pandemi. Acara tersebut dipusatkan di lingkungan Universitas Widyatama pada sabtu 26/9/2020.

Komjen Pol (purn) Drs. H. Nanan Soekarna, mantan Wakapolri, Ketua BMW Car Clubs Indonesia saat diwawancarai media menjelaskan kegiatan ini bertujuan bakti sosial. Karena anggota komunitas ini terbilang banyak kelebihan harta. Jadi selain mereka menyalurkan hobinya, mereka juga menyalurkan hartanya saat pandemi ini”

Pada kesempatan tersebut Nana juga membahas kondisi Indonesia yang sedang masa pandemi. “Sebelum vaksin covid19 ditemukan. Kita harus menguatkan diri dengan vaksin hati. Kalau hati kita kuat, jasadpun ikut kuat, dengan itu kita akan terhindar dari penyakit. Selain itu, sebagai bentuk maksimalnya jaga diri saat musim pandemi. Kita upayakan tetap pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, sesuai protokol kesehatan.

Nana juga menyempatkan memberi nasihat kepada anggotanya dengan menyampaikan isi ayat:
“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al-Qasas: 77)

Menurutnya ayat tersebut mengingatkan kita agar beramal untuk ahirat, sambil menikmati dunia, berlomba-lomba dalam kebaikan dan tidak membuat kerusakan.

“Misalnya kalau kita beli onderdil, asesories mobil yang harganya mahal, jangan sampai kita tidak imbangi dengan lebih banyak beramal. Karena kendaran yang kita rias dan rawat akan kita tinggalkan. Sedangkan kita perlu bekal setelah kematian. Pada dasarnya, kita ini semua sedang ditunggu oleh kematian.

Pada acara tersebut, hadir juga anggota BMW Car Clubs Indonesia E30 Register, BMW Indonesia Car Clubs Chapter Jakarta dan Bandung serta BMW Car Clubs Indonesian Classic Register, total 63 mobil BMW dari Jakarta dan Bandung.

Ketua Yayasan Widyatama, Djoko Roespinoedji mengungkapkan sementara ini hasil dari donatur yang terkumpul untuk pemberian santunan sebesar Rp. 15 juta, yang terkumpul dari para anggotanya di tempat acara. Ditambah 300 US dollar dari Nanan Soekarna. Di samping itu bantuan masker untuk panti asuhan Al Multazam, Padasuka. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi untuk pencegahan COVID-19 dan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

(38)