Keberhasilan Mang Oded & Kang Yana 2 Tahun Memimpin Kota Bandung

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Pada acara“Bandung Menjawab” yang digelar di Taman Dewi Sartika, Jln. Wastukencana No. 2 Bandung. Hadir sebagai narasumber Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Kedua narasumber istimewa ini melakukan “Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Mang Oded dan Kang Yana di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-210”.

Saat interaktif bersama media cetak dan online dilokasi, Oded didampingi Yana Mulyana dan Sekda Kota Bandung, menyampaikan pada dua tahun kepemimpinan ini dan juga di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-210, pembangunan SDM dan insfrakstruktur yang telah dicapai atau berlangsung bertujuan untuk rahmatan lil ‘alamin. Bagi warga Bandung dan warga yang berkunjung ke Bandung. Karena Bandung ini sangat karismatik untuk dikunjungi dengan berbagai tujuan, jelasnya (22/9/2020)

Selanjutnya Oded mengungkapkan kami dan warga Kota Bandung mendapat hadiah yang sangat luar biasa, yaitu dua jalan layang antara lain flyover Jalan Jakarta dan flyover Laswi. Proses penyelesaiannya masih terus berjalan dan menunjukkan progres yang cukup baik. Mudah-mudahan kado ini bisa rampung di akhir tahun ini sehingga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua orang.

Dengan adanya kado ini, kami optimistis kepadatan lalu lintas di kedua jalan tersebut bisa diminimalisir. Ini adalah bentuk ikhtiar kami dalam rangka mewujudkan rasa nyaman bagi seluruh warga Bandung

Selain itu juga untuk mengatasi permasalahan banjir pada musim hujan di Kota Bandung dan daerah kabupaten /kota sekitarnya. Pemerintah kota terus membangun kolam retensi, Wetland, Mbah Celeng, dan Drumpori. Program-program pembangunan tersebut juga bermanfaat untuk menambah cadangan air tanah saat datang musim kemarau. Selain itu, sekaligus juga menjadi strategi untuk mengurangi luapan air berlebih ketika musim hujan melanda Kota Bandung dan sekitarnya.

Wali kota juga memaparkan banyaknya penghargaan yang diraih. Yang paling berkesan adalah berhasil mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Jabar. Dan pencapaian progres dan kinerja ASN di lingkungan Pemkot Bandung sehingga Pemkot Bandung sejauh ini sudah meraih 191 penghargaan selama dua tahun.

Lalu, perihal kebersihan kota Bandung, program kang Pisman (Pisahkan & Manfaatkan) dalam menangani masalah sampah sudah jadi kebiasaan disambut oleh warga dan berdampak kepada terwujudnya lingkungan yang bersih, nyaman dan asri.

Mang Oded menyampaikan pesan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 210 ini, berharap agar kolaborasi antara pemerintah, warga, dan unsur lainnya untuk membangun Kota Bandung berjalan dengan lebih baik lagi. Karena kunci dari pembangunan itu adalah kebersamaan dan kolaborasi. Karena sejago dan sepintar apapun kepala daerah, tidak akan berhasil membangun Kota Bandung tanpa partisipasi masyarakatnya.

Dua tahun kepemimpinan Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendapatkan tantangan berat. Salah satunya menangani permasalahan pandemi virus Corona atau COVID-19.

Oded mengatakan untuk mewujudkan visi kota yang unggul, sejahtera dan agamis bukanlah hal yang mudah. Namun juga bukanlah hal yang mustahil karena Kota Bandung dibangun dengan pilar yang sangat kuat yaitu inovasi, kolaborasi dan disentralisasi.

“Tepat 20 September genap dua tahun kami menjalankan amanah sebagai wali kota dan wakil wali Kota Bandung. Dua tahun yang sarat dinamika, membangun kota dengan segala dinamika, membangun kota dengan segala potensi dan permasalahannya”

Oded menyimpulkan dari sisi lain, kreativitas semakin tumbuh sehingga Kota Bandung mampu melahirkan inovasi yang alhamdulillah mendapatkan apresiasi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Pada ahir wawancara dengan media Mang Oded meyakinkan pembangunan saat pandemi harus tetap berjalan semestinya. Kedepannya untuk antisipasi kecukupan APBD 2021, karena adanya pandemi kita harus lebih semangat meningkatkan kinerja, karya dan pendapatan asli daerah. Kalau perlu tambahan dana kita akan ajukan ke pemerintah pusat atau kerjasama dengan pengusaha.

(14)