Kapolres Banjar Pimpin Pencarian Anak Tenggelam di Sungai Citanduy

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kota Banjar,- Polres Banjar Polda Jabar – Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.IK.,MH. memimpin pencarian korban tenggelam di sungai Citanduy, Dusun Randegan RT. 08 RW. 04 Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar.

Dengan dibantu Personil BPBD dan Personil Koramil Banjar, setelah melakukan pencarian sekira tiga jam, tim SAR gabungan Kota Banjar bersama masyarakat akhirnya berhasil menemukan Abim (12) yang tenggelam di Sungai Citanduy, wilayah Randegan, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu 9 Agustus. Tubuh remaja tersebut ditemukan sekira 200 meter dari lokasi tenggelam.

Informasi yang dihimpun, sekira pukul 16.30 WIB korban Abim bersama temannya Desi dan Nita berenang Sungai Citanduy yang tidak begitu deras. Tanpa disadari ketiganya terhanyut dan berupaya berenang ke tepi sungai, akan tetapi mengalami kesulitan.

Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny mengatakan, Kapolres Banjar menurunkan Personil Sabharanya yang tergabung dalam tim Sar tersebut bersama-sama dengan Personil TNI dari Koramil Banjar, BPBD kota Banjar, serta masyarakat sekitar bahu membahu demi menemukan korban tenggelam tersebut.

“Setelah mendapat informasi terkait kejadian tersebut kami bersama personil langsung mendatangi TKP dan Langsung melakukan pencarian” ucap Kapolres Banjar.

Diki yang melihat kejadian itu langsung berupaya menyelamatkan ketiga temannya yang tengah berjuang menyelamatkan diri, akan tetapi Diki juga ikut tenggelam.

Bersamaan dengan itu Sanut (60) buruh pembakaran (tobong) batu bata yang tidak jauh dari lokasi, ketika hendak mandi melihat peristiwa tersebut.

Setelah berusaha sekuat tenaga, Sanut berhasil menyelamatkan Desi, Nita dan Diki. Ketika hendak menyelamatkan Abim, korban sudah tidak terlihat. Warga setempat yang datang ke lokasi kejadian juga berupaya ikut melakukan pencarian.

Seorang relawan BPBD (Badan Penggulangan Bencana Daerah ) Kota Banjar Johan mengungkapkan, upaya pencarian korban, oleh tim gabungan BPBD Kota Banjar, bersama personel Polres Banjar, TNI serta masyarakat.

Ditengah kegelapan malam, lanjutnya beberapa petugas melakukan pencarian dengan naik perahu karet, sedang lainnya mencari dari tepi Sungai Citanduy. Sekira pukul 19.30 WIB korban berhasil ditemukan.

“Alhamdulillah setelah tiga jam pencarian akhirnya korban ditemukan,” ujar Kapolres Banjar.

“Ditemukan sekira 200 meter dari lokasi kejadian. Saat ditemukan dalam keadaan sudah meninggal. Korban selanjutnya dibawa ke rumah sakit,” tutur Kepala BPBD Kota Banjar Dedi Suardi didampingi relawan BPBD Kota Banjar, Johan, saat di RSUD Kota Banjar.

(16)