Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Desa Margaharja, Panen Jagung Jenis Bisi 226

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Bertempat di lokasi Blok Pasir kuda dusun Balong rt 12 rw 02 desa Margaharja kecamatan Sukadana kabupaten Ciamis telah dilaksanakan kegiatan Panen raya jagung jenis Bisi 226, Rabu (29/07/20).

Kegiatan Panen raya dilakukan di lokasi kebun tanah garapan Perhutani sebagai Penggarap Hemdi Lolang warga Dusun Desa rt 30 rw 02 desa Margaharja kec. Sukadana kab. Ciamis .

Penanaman Jagung jenis Bisi 226 dilakukan sebagai upaya Peningkatan Ekonomi masyarakat dan Penguatan Ketahanan pangan khususnya di Wilayah desa Margaharja dan pada umumnya di Wilayah kecamatan Sukadana.

Penanaman Jagung jenis Bisi 226 ditanam diatas tanah garapan seluas 2 Ha yang dikelola 10 ( sepuluh ) orang penggarap.

Adapun hasil penanaman jagung jenis Bisi 226 dilakukan karena sangat cocok ditanam di Lokasi tersebut, dari lahan 1 hektar bisa menghasilkan jagung kering 7,4 Ton setiap musim tanam .

Disamping tanaman jagung dilaham garapan tersebut juga dilakukan tanaman tumpang sari dengan tanaman Ketela jenis Randa Ireng sebanyak kisaran 700 ( tujuh ratus ) pohon yang dapat hasil 10,5 ton ketela setiap musim tanam.

Camat Kecamatan Sukadana Asep Kholik Fajari dalam sambutanya mengatakan situasi Pandemi Covid 19 yang masih terus meningkat perlu kira untuk mengalihkan upaya penguatan Ekonomi atau Penguatan Ketahana Pangan dialihkan ke tingkat Pedesaan.

Sedangan Kapolsek Sukadana Iptu Asep Setiawan mengatakan kegiatan Penanaman Jagung yang dapat meningkatkan Ekonomi masyarakat dan Penguatan Ketahanan Pangan secara tidak langsung dapat meminimalisir Gangguan Kamtibmas di Wilayah hukum Polsek Sukadana.

Lanjut Kapolsek dalam penanaman berikutnya agar diintensifkan dan diupayakan penggunaan tenaga petani lokal agar bisa mendapatkan penghasilan

“Dalam situasi Pandemi Covid 19 perlu diberdayakan tenaga atau pekerja lakol dan untuk peningkatan ketahanan pangan diwilayah Kecamatan Sukadana telah dibentuk Kampung Tangguh Nusantara di Desa Ciparigi dan Wilayah Desa Margaharja sebagai Wilayah Penopang,” pungkasnya

Pos terkait

banner 468x60