SMP N 1 Kandis Bekerjasama Dengan Puskesmas Kandis Menggelar Penjaringan Kesehatan Pada Siswa Baru

Pewarta : Rosita Dewi

Koran SINAR PAGI, Kab.Ogan Ilir,- Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihak SMPN 1 Kandis, bekerja sama dengan Puskesmas setempat melakukan kegiatan penjaringan atau pencataan kesehatan kepada siswa baru, Selasa (28/07/20), bertempat salah satu diruang kelas di sekolah tersebut.

Kepala SMPN 1 Kandis, Ahmad Rifai mengatakan, kegiatan ini diadakan bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan didalam proses belajar mengajar ke depannya, mengingat pandemi Covid 19 masih terus berlangsung hingga saat ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tidak ada satu pun siswa baru yang terkena penyakit kronis ataupun penyakit menular lainnya, sehingga tidak mengganggu kegiatan pembelajaran dan kesehatan siswa lainnya.

“Hari ini siswa yang melakukan Tes kesehatan sebanyak 129 orang, semuanya siswa kelas VII atau siswa baru,” katanya.

Ditambahkan, pemeriksaanya dilakukan secara berjedah atau bergilir per satu jam setiap kelasnya, “Kita lakukan secara bergilir agar tidak terjadi kerumunan massa, kalau sudah satu kelas selesai, maka siswa itu segera pulang dan digantikan oleh kelas berikutnya,” ujarnya.

Sementara tim medis dari Puskesmas Kandis, dr.Mita Selpia mengatakan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kandis hari ini secara serentak menggelar acara kunjungan ke sekolah – sekolah, dalam rangka penjaringan atau pendataan kesehatan kepada siswa baru, atau kelas 7.

“Yang dilakukan saat ini adalah mengecek suhu badan, kebersihan kuku, kebersihan telinga, tinggi badan serta berat badan siswa dan Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada satu pun siswa baru di SMPN 1 Kandis yang menderita penyakit kronis atau menular, semuanya dalam keadaan sehat”, terangnya.

(18)