Bupati buka acara Pelatihan vocasional ikan di Hotel Manunggal Bangka.

Pewarta : Sermon S

Koran SINAR PAGI, Bangka,- Bupati Bangka Mulkan SH.MH.mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mampu mengembangkan pengolahan makanan hasil perikanan guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan .

Kita memiliki sumber daya perikanan baik dari hasil pembudidaya ikan maupun hasil perikanan tangkap yang cukup banyak dan belum semuanya dikembangkan dalam pengolahan makanan, imbuh Mulkan saat membuka kegiatan pelatihan vocasional ikan di Hotel Manunggal Sungailiat , Rabu (22-07).

Mulkan mengatakan, ikan air tawar kurang lebih 20% ,lebih banyak ikan laut menjadi sumber bahan baku berbagai jenis makanan beragam yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Pontensi sumber daya hayati yang cukup besar dan jumlah konsumsi ikan yang banyak, dapat dijadikan peluang untuk dikembangkan pada sektor industri kecil dan menengah,

Mulkan memotivasi pelaku UMKM yang jumlahnya cukup banyak untuk kembali bangkit setelah terdampak akibat wabah COVID-19.

Umumnya di Indonesia, sektor UMKM selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, juga memiliki kontribusi yang penting dalam mengatasi masalah pengangguran sektor ini pula menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan kemampuan pengolahan makanan terutama dari bahan baku ikan, diharapkan para pelaku UMKM mampu berdayasaing dengan meningkatan mutu produksi,tutup Mulkan.

(4)