Tingkatkan Mutu Guru, SMK Bina Putra Cihampelas Laksanakan Psikotes

Pewarta: Deni HM-Dwi

Koran SINAR PAGI (Bandung Barat)-, Dalam rangka meningatkan mutu guru, SMK Bina Putra Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat melaksanakan psikotest pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 di Gedung SMK Bina Putra. Kegiatan ini diikuti oleh 43 orang guru dan bekerja sama dengan Nuha Learning Center, sebagai lembaga penyelenggara assessment test.

Sebelum pelaksanaan psikotest, para guru mendapatkan paparan materi tentang peran guru dalam dalam penjaminan mutu pendidikan dan pembelajaran di era Pandemi Covid-19 yang disampaikan oleh Idris Apandi, M.Pd., Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Babung Hasbullah yang menaungi SMK Bina Putra, Drs. Daud Saleh, M.M. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari evaluasi yayasan terhadap mutu, komitmen, dan kinerja guru yang akan dijadikan sebagai bahan untuk pembinaan dan peningkatan profesionalisme guru di SMK tersebut pada tahun pelajaran 2020/2021.

“Mutu guru merupakan hal yang mutlak harus diperhatikan bahkan diprioritaskan jika mutu sekolah ingin meningkat, karena guru adalah ujung tombak pembelajaran. Apalagi saat ini sekolah, khususnya SMK dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas di era revolusi industri 4.0. Terlebih di masa masih pandemi Covid-19 ini, guru-guru harus kreatif dan inovatif dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai konsekuensi belum bisa dilakukannya pembelajaran secara tatap muka di sekolah.”, imbuhnya.

Kepala SMK Bina Putra Rudianto Surya H.S., S.Pd., menambahkan bahwa harapan dari masyarakat terhadap adanya pendidikan yang berkualitas harus disikapi oleh sekolah dengan meningkatkan mutu guru, karena masyarakat saat ini semakin kritis dalam menilai mutu sebuah sekolah. Sekolah yang berkualitas akan banyak diminati dan diburu oleh masyarakat.”

Dia berharap bahwa guru-guru SMK Bina Putra mengikuti psikotest dengan serius dan sungguh-sungguh, karena hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan dirinya dan diharapkan berdampak pada peningkatan mutu sekolah. Dengan meningkatnya mutu SMK Bina Putra, maka kepercayaan masyarakat terhadap sekolah pun akan meningkat.

Ketua Tim Psikotest dari Nuha Learning Center, Hevie Marliany, Kons., Graph. menyampaikan bahwa pada psikotest tersebut, para peserta akan diberikan beberapa jenis test, yaitu; (1) test kemampuan intelektual, (2) test kepribadian, (3) test perilaku dan gaya kerja, dan (4) test mental dan diagnosa kemampuan diri.

Test-test tersebut merupakan test yang terstandar untuk mengidentifikasi kemampuan, minat, dan potensi seorang staf, serta bermanfaat sebagai dasar untuk pembinaan, pengembangan diri, promosi, atau penempatan pada jabatan tertentu

(70)