Optimalkan Potensi Daerah, Eptilu Dirikan Obyek Wisata Petik Jeruk

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Tak asing lagi, Kabupaten Garut dikenal dengan ciri khasnya yaitu Domba Garut dan Dodol. Tak hanya itu, jeruk pun menjadi salah satu ciri khas makanan Garut yang banyak dicari pengunjung.

Dengan kecirikhasan jeruk Garut, milenial Garut berhasil mendirikan tempat wisata petik jeruk Eptilu. Sebuah wisata yang menyajikan perkebunan dengan memetik jeruk sendiri sehingga pengunjung dapat menikmati jeruk segar hasil dari petikannya sendiri.

Berawal dari pertemuan di tahun 2012 antara Ir. Achmad Symasudin MBA angkatan 21 dan Rizal Fahreza SP angkatan 46 yang merupakan alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB). Ir. Achmad Syamsudin yang bukan Asli garut dan Rizal Fahreza yang Asli garut kemudian melakukan penelitian mengenai komoditas buah nusantara diantaranya Jeruk dan sepakat menanam jeruk sebagai tanaman utama yang mereka tanam.

Manager Eptilu, Muhamad Ridwan, mengatakan, Berawal dari diskusi, terungkap bahwa keduanya mempunyai visi dan misi yang sama untuk pertanian Indonesia, Ide – Ide dan gagasan saling bersinergi dan syukur alhamdulillah dibantu dilapangan oleh Dikdik Sontani Sebagai Orang Tua Rizal yang merupakan asli Garut dan seorang Petani, serta Ibunya Rizal yakni Leli Siti Saidah yang menekuni Kuliner Sunda.

Seiring berjalanya waktu, saling support menelurkan kolaborasi-kolaborasi, disupport oleh Muhamad Ridwan, Puji lestari Utami, Chikameirani Adhanisa, serta Dasep Badrusallam mereka bersama sama membantu Business development yang berkembang menjadi kerjasama 2 keluarga Besar.

“Alhamdulillah Implementasi Pertanian yang dimulai 2013 dimulai dari kegiatan kebun Produksi dan kebun riset atau penelitian, 2015 memulai kepada sektor penjualan di wilayah garut, Jabodetabek sampai luar pulau dan sekarang berkembang menjadi kebun edukasi. Sehingga pada tahun 2016 berdirilah kebun edukasi EPTILU ini 3F (Fresh From Farm) hingga saat ini,” ucapnya, Sabtu (18/7/20).

Kebun Eptilu juga menyajikan nasi liwet dan didukung dengan saung ditengah kebun jeruk yang berbeda dengan tempat makan seperti biasanya. Tempat wisata edukasi ini menjadi diminati oleh wisata lokal hingga luar kota.

Pos terkait

banner 468x60