16 Tahun Mengantri 8 Calon Jam’ah Haji Tarik Uangnya Kembali

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Mely-Dwi
Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Calon jama’ah ibadah haji yang menunggu 16 tahun. Harus rela tidak berangkat ke tanah suci tahun ini karena pandemi yang melanda dunia. Ada juga yang membatalkan niatnya karena kebutuhan ekonomi.

Merujuk pada Keputusan Menteri Agama No 494 Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung resmi membatalkan pemberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 M / 1441 H. Pembatalan tersebut karena adanya wabah corona (Covid-19) yang menyerang seluruh negeri, termasuk Arab Saudi dan Indonesia.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung melalui Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Ishak Asnawi menjelaskan, Pemerintah Arab Saudi memberikan keputusan terkait penundaan pelaksanaan ibadah haji tahun 2020.
“Pemberangkatan awal yang biasa dilaksanakan dibatalkan. Karena Arab Saudi memutuskan untuk tidak menyelenggarakan demi keamanan dan keselamatan jam’ah. Akhirnya Kemenag memutuskan untuk membatalkan ibadah haji tahun ini,” papar Ishak.

Menurutnya calhaj yang tidak membatalkan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji akan menjadi prioritas pemberangkatan haji tahun depan.
“Jumlah jamaah yang sudah melunasi dan siap diberangkatkan sebanyak 2.492 orang. Selama jamaah tidak membatalkan, mereka akan diberangkatkan tahun 2021,” jelas kepada wartawan diruang kerjanya (9/72020)

Guna mensosialisasikan pembatalan tersebut, pihaknya telah bekerjasama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Kantor Urusan Agama (KUA), pondok pesantren, bank mitra kerja pembayaran haji dan media massa.
“Hampir 90 persen jamaah Kabupaten Bandung masuk dalam KBIH. Insya Allah seluruh calhaj Kabupaten Bandung menerima dengan baik kebijakan ini,” kata Ishak

H. Ishak menyampaikan selama pandemi proses layanan calon haji tetap berjalan seperti biasa. Karena kondisi ini ada 8 jam’ah yang membatalkan niat hajinya karena terdesak kebutuhan. Uang tabungan hajinya dapat diterima kembali setelah pengajuan yang diproses 10 hari.

Pos terkait

banner 468x60