Melatih Kemandirian Pramuka Banyumas Launching Kedai Bakso Satria

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Banyumas)-, Dalam rangka meningkatkan sumber dana sendiri, Kwarcab Banyumas melaunching Kedai Bakso Satria, Minggu (05/07/2020). Kegiatan tersebut juga dijadikan wahana kreativitas baru dalam bidang kewirausahaan bagi anggota Pramuka sekaligus melatih kemandirian anggota Pramuka.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan organisasi Pramuka harus memiliki sumber dana sendiri. Sebagaimana yang diamanatkan dalam UU 12/2010 bahwa gerakan Pramuka dimungkinkan untuk membentuk badan usaha dan mengelola aset yang dimiliki.

“Sehingga secara otonomi dapat memberikan pendapatan bagi organisasi untuk membiayai operasional kegiatan,” katanya

Kedai bakso yang berlokasi satu komplek dengan Sanggar Bakti Pramuka juga memungkinkan menjadi alternatif bertemunya pengurus dan anggota Pramuka Banyumas untuk sekedar bersilaturahmi maupun membahas program Pramuka secara santai.

Ketua Dewan Kerja (DKC) Dicky Syarif Hidayat mengatakan melalui kegiatan ini pengurusan DKC selaku pengelola, harus mampu berhitung berapa modal, berapa harus dijual sehingga mereka tau berapa keuntungan yang akan diperoleh. Mereka akan merasakan betapa sulitnya mencari untung walau seribu rupiah. Mereka harus mampu mempertunjukkan, memperagakan, memperkenalkan, mempromosikan, serta menjual produk yang dijual.

“Jiwa wirausaha ini harus dibangun untuk memberi bekal kepada anggota Pramuka sebagai fondasi awal bagi perkembangan bibit wirausahawan muda di masa mendatang,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Humas Agus Nur Hadie menilai kegiatan ini merupakan kegiatan positif, dan sangat penting karena sebagai salah satu upaya mewujudkan pemuda pemuda yang sukses. Karena pemuda sukses, menurutnya harus mempunyai 3 kriteria yaitu beriman dan berilmu agama yang kuat atau bekarakter dan beraklakulkarimah atau berbudi pekerti luhur serta seorang pemuda harus mandiri atau memiliki jiwa kewirausahaan.

“Dengan kegiatan ini tentu bisa menempa generasi muda agar memiliki jiwa wirausaha, yang nantinya akan berkiprah dalam kehidupan nyata, diharapkan bisa menjadi wirausahawan sukses yang ditenpa salah satunya melalui kegiatan pramuka,” katanya

(13)