Puluhan Ormas Yang Tergabung Dalam Ciamis Bergerak Geruduk Gedung DPRD, Tolak RUU HIP

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,– Ribuan orang yang tergantung dalam Sejumlah Ormas Nasional dan Ormas Islam, Mahasiswa, PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dan Seluruh Elemen Masyarakat Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam Kelompok /Aliansi Ciamis Bergerak, turun aksi ke jalanan menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) ke Gedung DPRD Kabupaten Ciamis, Jum’at (03/07/20).

Dalam orasinya Aliansi Ciamis Bergerak menyatakan beberapa sikap yang di tuangkan lewat Selebaran Spanduk “Kami mendukung penuh dan siap melaksanakan maklumat Dewan Pimpinan MUI Pusat dan Dewan Pimpinan MUI Provinsi se-Indonesia Nomor: Kep1240/DP.MUI/VI/2020 Tentang Penolakan RUU HIP, dan menolak dengan tegas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang digagas oleh sekelompok oknum pimpinan dan anggota DPR-RI yang Anti Pancasila dan Anti NKRI.

“Kami menuntut DPR-RI untuk membatalkan RUU HIP dan dan mengeluarkannya dari Prolegnas, kami mendesak penegak hukum untuk mengusut tuntas inisiator dan konseptor RUU HIP serta mengadilinya secara terbuka, kami mendesak TNI-POLRI untuk senantiasa menjaga kemurnian Pancasila dan keutuhan NKRI dari ancaman yang bersebrangan dengan Ideologi Pancasila,” ucapnya.

Iif Taupik kordinator aksi saat di wawancara awak media mengatakan Aliansi Ciamis bergerak sebanyak 42 OKP kurang lebih Tujuh ribu orang kita bersama – sama menyuarakan menolak RUU HIP.

“Bagi kami Pancasila itu harga mati tidak bisa di tawar – tawar, kami jaga kedaulatan Pancasila, kami menjaga kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Ini aksi kebangsaan aksi patriotisme tapi tetap aksi ini aksi damai Insya Alloh tidak akan ada rusuh dan anarkis semua akan berjalan lancar dan damai, pungkasnya.

Dalam aksi tersebut di halaman DPRD langsung di temui Ketua Dewan Nanang Permana dan pengawalan ketat dari TNI, Polri dan Pol PP.

(77)