Terkait Penolakan RUU HIP, LSM GMBI Geruduk Kantor DPRD Kab Sukabumi

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab Sukabumi,- Terkait Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila RUU HIP Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Kabupaten Sukabumi melakukan aksi demo di gedung DPRD Kab Sukabumi.

Penolakan RUU HIP oleh LSM GMBI diterima langsung oleh ketua DPRD Kab. Sukabumi dan perwakilan ketua fraksi, melalui audensi di ruang BANMUS DPRD lantai dua gedung DPRD Kab. Sukabumi komplek perkantoran jajaway Palabuhanratu Kamis (2/7/2020).

Diungkapkan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia, Fredi Sugara kedatangannya ke Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi untuk menyuarakan aspirasi yang mana terkait RUU HIP yang saat ini dalam pembahasan DPR RI menurutnya saat ini sedang ramai digunjingkan seluruh indonesia.

“Kita kesini untuk menyampaikan penolakan RUU HIP yang sekarang sedang marak dan sedang gencar gencarnya di negeri kita ini Indonesia, karena dengan adanya RUU HIP ini terindikasi akan muncul tumbuh kembangnya faham faham komunis,” ujar Ketua Distrik LSM GMBI Sukabumi, Predi Sugara Lubis, seusai menyampaikan aspirasi dihadapan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi.

“Kami sebagai LSM GMBI yang mana disini tertera setia pancasila dan bela negara, kami sangat menolak keras dengan adanya RUU HIP ini, kami siap menjadi garda terdepan RUU berorasi dan menolak,” sambungnya.

Predi sebagai ketua LSM GMBI Kabupaten Sukabumi menginginkan bahwa dari pihak DPRD Kabupaten menyampaikan aspirasi yang telah di sampaikan kepada DPR RI pusat agar RUU HIP tersebut di tolak karena menurutnya Pancasila tetap harus itu, Pancasila tetap abadi, Pancasila tetap final tidak ada kata lain dan tidak ada alasan lain untuk merubah Ideologi Pancasila.

“Tadi juga kita menyerahkan berkas yang sudah di tanda tangani dari LSM GMBI dan Ketua DPRD serta Anggotanya yang hadir sebagai pernyataan sikap untuk disampaikan kepada DPR RI bahwa kami memang menyatakan menolak keras dengan adanya RUU tersebut kami tetap menolak apapun alasannya kami menolak bukan ditunda tapi di tolak seluruh pasal,” tandasnya.

Saya menginginkan dari DPRD kabupaten ini menyampaikan aspirasi kami ini untuk di sampaikan ke DPR RI pusat untuk menolak pembahasan RUU tersebut dan tidak membahasnya. “Ya kami sangat menolak keras dengan adanya RUU HIP ini,” tegasnya.

Menanggapi kedatangan puluhan orang yang tergabung dalam LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yuda Sukmagara mengapresiasi langkah yang di lakukan GMBI.

“Kami apresiasi kepada GMBI sudah menyampaikan aspirasinya, aspirasinya sangat tegas beliau pihak GMBI menyatakan bahwa RUU HIP (Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila) agar tidak di tunda tetapi di tolak saja,” ujar Yudha kepada awak media seusai melakukan audensi.

“Jadi aspirasi itu kami terima di DPRD Kabupaten Sukabumi yang nantinya, kami akan coba rapatkan secara internal untuk aspirasi ini di bawa ke ranah yang lebih tinggi baik di provinsi maupun ke tingkat pusat,” sambungnya.

Yudha menjelaskan, seperti diketahui bersama RUU HIP tersebut saat sedang dibahas di pusat, jadi pihaknyapun sebetulnya secara gamblang belum mengetahui detail isi dari pada RUU HIP tersebut, namun begitu tetap DPRD Kabupaten Sukabumi memberikan kesempatan kepada DPR RI untuk menggodog yang terbaik.

“Saya meyakini nantinya pun juga hasilnya yang terbaik, jadi aspirasi aspirasi inipun juga tidak hanya di kabupaten Sukabumi di kotapun sudah, terakhir kemarin dari MUI pun juga menyuarakan yang sama, jadi saya rasa apa yang di inginkan masyarakat nantinya pasti akan di akomodir secara aspirasi politik di DPR RI,” jelasnya.

Adapun fraksi Gerinda dari tingkat pusat, lanjut Yudha sudah ada tembusan kepada anggota Fraksi di daerah bahwa partai Gerindra secara fraksi di DPR RI juga menolak mengenai perihal RUU tersebut bahkan segera untuk mencabut tidak dilanjutkan.

“Jadi kamipun di daerah pastinya atas petunjuk dari pusat juga dari provinsi jawa barat, ya kita liat saja seperti apa kalau memang animo dari masyarakat banyak yang menolak tentu tidak akan sulit nantinya,” tandasnya.

Pantauan dilapangan audensi LSM GMBI selalin di hadiri Jetua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara juga di hadiri Ketua Fraksi Partai Gerindra, Usep Wawan, Ketua Fraksi Partai Demokrat, Badri Suhendi dan anggota Komisi IV, Hera Iskandar.

Pos terkait

banner 468x60