Pemdes Raharja Wanayasa Salurkan BLT-DD dan BLT Kabupaten

Pewarta : Dede MR

Koran SINAR PAGI Kab.Purwakarta,- Pemerintah Desa Raharja Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan BLT Kabupaten Purwakarta secara bersamaan, Senin (29/06/20), di Aula Balai Desa Raharja.

Penyerahan bantuan Sosial yang diperuntukan bagi warga terdampak Covid-19 itu meliputi BLT-DD sebanyak 108 Kepala Keluarga (KK) dan BLT Kabupaten 16 KK tersebut disaksikan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas sekaligus mengawal langsung berjalanannya pembagian hingga tuntas dan sukses.

Pjs.Kades Raharja, Muhammad Hasan saat melakukan pembagian Bansos menuturkan, “Pembagian Bansos bagi warga terdampak Covid-19 kami lakukan secara bersamaan, yakni BLT-DD bersumber dari DD tahap kedua dan BLT Kabupaten Purwakarta,” katanya.

Namun, lanjutnya, sebelum dilakukan pembagian bansos berupa uang Tunai BLT-DD senilai Rp.600 ribu/KK tahap ketiga dan BLT Kabupaten tahap kedua sebesar Rp.500 ribu/KK, ditengarai ada beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum paham atas pembagian Bansos tersebut.

“Mungkin karena banyaknya warga yang hadir, sehingga, mereka terheran – heran, tapi, saya sudah sampaikan bahwa pembagian Bansos ini dilakukan secara bersamaan, antara BLT-DD dan BLT Kabupaten,” ujar Hasan.

Sementara itu, tambah Hasan, untuk BLT-DD ada perubahan aturan pembagian, yakni sesuai Permendes PDTT No 6 tahun 2020 tentang perubahan PDTT No 11 tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020. Maka, Pembagian BLT-DD diperpanjang untuk 6 Bulan, yakni terhitung dari Bulan April hingga September 2020.

“Nah, pembagian BLT-DD untuk ketiga kalinya ini, besaran uang yang diberikan ke KPM senilai Rp.600 ribu rupiah. Sedangkan, rencana untuk bulan Juli, Agustus dan September yakni berturut-turut BLT-DD itu sebesar Rp.300 ribu/KK,” ujarnya.

Dia menghimbau uang bantuan itu dibelikan ke hal yang lebih penting dan bermanfaat, terutama untuk penyediaan kebutuhan makanan sehari-hari yakni dibelikan Sembilan Bahan Pokok (Sembako), tandasnya.

Pantauan dilapangan, KPM di Desa Raharja terlihat senang dan merasa bangga karna telah menerima haknya berupa bansos uang tunai dari 2 program sosial sekaligus.

(16)